تعليم مفردات اللغة العربية باستخدام الطريقة السمعية والشفهية لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية إمام الغزالى فانجيريجو تولونج أجونج للعام الدراسي ٢٠٢٣ / ٢٠٢٤ م

NABELA APRILIANI, 126202203082 (2024) تعليم مفردات اللغة العربية باستخدام الطريقة السمعية والشفهية لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية إمام الغزالى فانجيريجو تولونج أجونج للعام الدراسي ٢٠٢٣ / ٢٠٢٤ م. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (910kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (507kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul " Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Sam’iyah Wa Syafahiyah Pada Siswa Kelas VII MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung Tahun Ajaran 2023 /2024 " yang ditulis oleh Nabela Apriliani, NIM 126202203082 Jurusan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung. Dosen Pembimbing Dr. Muhamad Fatoni, M.Pd.I, NIP 198402232023211012. Kata kunci : Pembelajaran, Mufrodat, Metode Sam’iyah Wa Syafahiyah Konteks Penelitian : Pembelajaran mufradat bahasa arab merupakan pembelajaran yang berkaitan dengan kosa kata. Hal ini menjadi salah satu pembelajaran yang penting untuk mengetahui bahasa arab. Dengan melalui pembelajaran mufrodat dapat mengetahui banyak mufrodat hal tersebut akan memudahkan dalam pembelajaran bahasa arab dan meningkatkan seluruh keterampilan contohnya dalam berbicara bahasa arab. Adapun metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab yaitu metode sam’iyah wa syafahiyah. Metode ini berpengaruh dalam mengasah seluruh keterampilan bahasa arab salah satunya yaitu mendengar dan mengucapkan. Adapun metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan dikelas. Ketika metode yang digunakan meningkatkan kualitas belajar siswa hal ini berperan penting bagi guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. Rumusan masalah : 1)Bagaimana Penerapan Pembelajaran mufradat dengan menggunakan metode sam’iyah wa syafahiyah pada siswa kelas VII MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung?, 2)Apa saja masalah dalam pembelajaran mufrodat dengan menggunakan metode sam’iyah wa syafahiyah pada siswa kelas VII MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran mufrodat dengan menggunakan metode sam’iyah wa syafahiyah pada siswa kelas VII MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung?. Tujuan penelitian : untuk mengetahui penerapan, masalah dan evaluasi dalam pembelajaran mufrodat dengan menggunakan metode sam’iyah wa syafahiyah pada siswa kelas VII MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung. Metode Penelitian : Pada pembelajaran dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian kualitatif ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan dan kesimpulan. Data yang dianalisis tersebut akan diuji keabsahannya dengan observasi, triangulasi dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian : dalam pembelajaran mufrodat dengan menggunakan metode sam’iyah wa syafahiyah terdapat langkah-langkah yaitu: 1) Mempersiapkan materi mufrodat yang akan disampaikan.2) Ketika sudah masuk kelas guru membuka pembelajaran dengan berdoa bersama.3) Lalu menyuruh siswa untuk meletakkan buku (Lks) bahasa arab dan menutupnya diatas meja.4) Guru Menyiapkan materi yang akan disampaikan dimeja agar lebih memudahkan untuk dibacakan.5) Guru menyampaikan mufrodat kepada siswa.6)Lalu siswa mendengarkan mufrodat yang diucapkan guru.7)Guru memerintah siswa untuk menirukan mufrodat yang disampaikan tadi.8)Sebaiknya guru tidak langsung memberikan terjemah mufrodat yang tadi disampaikan akan tetapi bisa dilakukan dengan memberikan perumpamaan dari benda sekitar atau memberi ciri-ciri dari mufrodat yang tadi disampaikan.9) guru memerintah siswa untuk mengulangi mufrodat yang disampaikan sampai berkali-kali. 10) Guru menulis mufrodat tersebut dipapan tulis atau media lainnya seperti layar proyektor. 11) Siswa membaca mufrodat yang telah guru tuliskan. 12) Setelah siswa paham dengan mufrodat yang disampaikan.13)Guru memerintah siswa untuk menulis mufradat tersebut dibuku tulis dan guru memberikan tugas seperti membuat Kalimat atau mencari mufrodat lain yang berhubungan dengan materi tersebut. Adapun masalah yang terjadi ketika guru mengajar dikelas terbagi menjadi dua yaitu 1) masalah Eksternal seperti kondisi kelas kurang kondusif, metode yang digunakan terlalu monoton. 2) masalah internal seperi latar belakang siswa, daya tangkap setiap siswa berbeda-beda. Solusi yang dilakukan sekolah menerapkan pembiasaan mengaji setiap pagi. Adapun solusi guru dengan menerapkan disiplin belajar dikelas dan belajar privat bersama Evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan teka teki silang atau secara manual seperti menunjuk siswa langsung bagian belakang atau yang melakukan kegaduhan dikelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202203082 NABELA APRILIANI
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:26
Last Modified: 27 Jun 2024 02:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47457

Actions (login required)

View Item View Item