PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTSN 8 TULUNGAGUNG PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

MIFTAKHUL UMAROH, 126211201022 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTSN 8 TULUNGAGUNG PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Miftakhul Umaroh, NIM. 126211201022, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Kooperatif Numbered Head Together, Motivasi belajar, Hasil belajar Penerapan model pembelajaran terkini yang sering digunakan adalah model pembelajaran konvensional dengan penerapannya guru saja yang aktif siswanya pasif. Akibatnya siswa merasa jenuh dengan pembelajaran tersebut dan mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Oleh karena itu, model pembelajaran yang baik dan sesuai dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan demi terlaksananya pembelajaran yang maksimal. Dalam penelitian ini yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap motivasi belajar siswakelas VIII MTsN 8 Tulungagung pada materi getaran dan gelombang, 2) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung pada materi getaran dan gelombang, 3) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasi Eksperimen dengan desain penelitian post test only. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive sampling dengan kelas VIII A (eksperimen) kelas VIII B (kontrol). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah : 1) angket, 2) tes, 3) dokumentasi. Analisis data yang digunakan ada tiga uji yaitu: 1) uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), 2) uji prasyarat (uji normalitas dan homogentitas), 3) uji hipotesis (uji t dependent dan uji MANOVA). Hasil penelitian ini adalah : 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung pada materi getaran dan gelombang. Ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menandakanH_0 diterima, 2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung pada materi getaran dan gelombang. Ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menandakanH_0 diterima, 3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung pada materi getaran dan gelombang. Ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menandakan H_0 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201022 MIFTAKHUL UMAROH
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:19
Last Modified: 05 Sep 2024 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47472

Actions (login required)

View Item View Item