استخدام طريقة حفظ المفردات لتحسين مهارة الكلام التلميذات في المعهد المحسنين ربما ميلينتانغ

RANA JULIAN PUTRI, 126202201014 (2024) استخدام طريقة حفظ المفردات لتحسين مهارة الكلام التلميذات في المعهد المحسنين ربما ميلينتانغ. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (604kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Penerapan Metode Hafalan Mufradat Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Siswi Ma'had Al-Muhsinin Rimba Melintang" ini yang ditulis oleh Rana Julian Putri, NIM 126202201014, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagunig yang di bimbing oleh Dr. Tika Mardiyah, M. Pd.I. Kata Kunci: Metode Hafalan Mufradat, Maharah Kalam Maharah kalam adalah salah satu dari empat keterampilan bahasa yang sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai, mengingat bahwa fungsi bahasa arab yang paling utama adalah sebagaialat komunikasi. Dengan demikian untuk bisa berbicara dengan menggunakan bahasa arab maka kita harus memiliki hafalan mufradat. Dalam pembelajaran mufaradat, Ma'had Al -Muhsinin Rimba Melintang menggunakan metode hafalan dalam pembelajaran Bahasa Arab, karena untuk bisa menguasai mufradat lebih banyak maka para santriwati harus menghafal mufradat tersebut agar bisa berbicara menggunakan Bahasa Arab dengan baik dan benar Rumusan Masalah: 1) Bagaimana Penerapan Metode Hafalan Mufradat untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara untuk siswi kelas 1 di Ma'had Al-Muhsının Rimba Melintang? 2) Apa sisi Positif dari Penerapan Metode Hafalan Mufradat untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara untuk siswi kelas 1 di Ma'had Al-Muhsinin Rimba Melintang? 3) Apa Faktor Penghambat dari Penerapan Metode Hafalan Mufradat untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara untuk siswi kelas 1 di Ma'had Al-Muhsinin Rimba Melintang? Tujuan Penelitian: 1) Untuk mengetahui Bagaimana Penerapan Metode Hafalan Mufradat untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara untuk siswi kelas 1 di Ma'had Al- Muhsinin Rimba Melintang? 2) Untuk mengetahui Apa sisi Positif dari Penerapan Metode Hafalan Mufradat untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara untuk siswi kelas I di Ma'had Al Muhsinin Rimba Melintang? 3) Untuk mengetahui Apa Faktor Penghambat dari Penerapan Metode Hafalan Mufradat untuk meningkatkan Keterampılan Berbicara untuk siswi kelas 1 di Ma'had Al-Muhsinin Rimba Melintang? Metodologi Penelitian: Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, wawancara dan Dokumentasi Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber penarikan kesimpulan. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber Hasil Penelitian: 1) Penerapan metode hafalan mufradat diantaranya persiapan yang terdiri dari rencana pembelajaran, materi, metode, media dan evaluasi. Metode yang terdiri dari menghafal dengan cara mengulang ulang secara bersama sama dan memberikan pertanyaan satu persatu sampai akhir penilaian yang terdiri dari penilaian sikap, penilaian tertulis dan lisan dan penilaian keterampilan 2) terdapat beberapa sisi positif dalam metode mengafal mufradat diantaranya santriwati mampu berbicara menggunakan bahasa arab, santriwati memiliki banyak pengetahuan tentang mufradat baru, santriwati bisa mengikuti lomba debat bahasa arab antar kamar maupun kelas, santriwati mengetahui sedikit makna didalam al-qur'an, santriwati bisa membuat kalimat bahasa arab, dan santriwatı dapat belajar nahwu sharaf dengan mudah 3) terdapat beberapa fakto negatif dalam penerapan metode hafalan mufradat diantaranya lemahnya daya ingat santriwati dalam menghafal, sulit untuk fokus dalam menghafal mufradat, sulit menulis bahasa arab, sedikitnya rasa ingin tahu terhadap mufradat, dan faktor latarbelakang yang dimilikı santriwati.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202201014 RANA JULIAN PUTRI
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:24
Last Modified: 28 Jun 2024 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47585

Actions (login required)

View Item View Item