EFEKTIVITAS METODE MENGHAFAL DAN BANDONGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KITAB AQIDATUL AWAM SANTRI DI PONDOK PESANTREN UMMUL KHOIR TAHUN AJARAN 2023/2024

ARINA LUTFIANA LATIFAH, 126201202145 (2024) EFEKTIVITAS METODE MENGHAFAL DAN BANDONGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KITAB AQIDATUL AWAM SANTRI DI PONDOK PESANTREN UMMUL KHOIR TAHUN AJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Metode Menghafal dan Bandongan terhadap Prestasi Belajar Kitab Aqidatul Awam Santri di Pondok Pesantren Ummul Khoir Tahun Ajaran 2023/2024” ini ditulis oleh Arina Lutfiana Latifah, NIM. 126201202145, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. H. Imam Junaris, S. Ag., M. H. I. Kata Kunci: Metode Menghafal, Metode Bandongan, Prestasi Belajar Kitab Aqidatul Awam Pengajian kitab Aqidatul Awam di Pondok Pesantren Ummul Khoir bertujuan untuk membentuk pemahaman santri tentang tauhid serta memperkuat iman di hati mereka sehingga tercermin dalam akhlak yang terpuji. Metode pembelajaran yang efektif perlu digunakan agar tujuan pembelajaran tercapai, sedangkan metode yang sudah diterapkan di sana ialah metode menghafal dan metode bandongan. Maka peneliti ingin memperoleh data tentang bagaimana implementasi kedua metode belajar tersebut dan kondisi prestasi belajar para santri, serta efektivitas metode menghafal dan bandongan terhadap prestasi belajar kitab Aqidatul Awam santri Ummul Khoir. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan implementasi metode menghafal dan bandongan di Ummul Khoir (2) mengetahui prestasi belajar santri (3) mengetahui efektivitas metode menghafal terhadap prestasi belajar santri, (4) mengetahui efektivitas metode bandongan terhadap prestasi belajar santri, (5) mengetahui efektivitas metode menghafal dan bandongan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kitab Aqidatul Awam santri di pondok pesantren Ummul Khoir. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Method dengan pendekatan Concurrent Embended (campuran tidak berimbang), dilaksanakan dengan cara pengumpulan data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh santri sebanyak 39 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunkan angket, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) implementasi metode menghafal dilaksanakan setiap hari dengan seorang pendamping, sedangkan untuk metode bandongan hany dilaksanakan setiap Senin malam secara langsung dengan ustad atau ustadzah, (2) prestasi belajar santri sesuai hasil tes termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata nilai 12,87, sedangkan menurut data nilai ujian semester menunjukkan kategori cukup dengan rata-rata nilai 76, (3) terdapat efektivitas yang signifikan antara penggunaan metode menghafal terhadap prestasi belajar santri dengan tingkat efektivitas sebesar 97%, (4) metode bandongan tidak efektif terhadap prestasi belajar kitab Aqidatul Awam santri dengan tingkat efektivitas sebesar 25%, (5) tidak terdapat efektivitas yang signifikan antara penggunaan metode menghafal dan bandongan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar santri dengan tingkatefektivitas sebesar 10%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202145 ARINA LUTFIANA LATIFAH
Date Deposited: 27 Jun 2024 08:26
Last Modified: 27 Jun 2024 08:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47587

Actions (login required)

View Item View Item