NATASHA RAHMANIA MUALIP, 126204202113 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELPSA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI PELUANG KELAS VIII MTs ASY SYAFI’IYAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (233kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran ELPSA terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Peluang Kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah Tulungagung” ini ditulis oleh Natasha Rahmania Mualip, NIM. 126204202113, Program Studi Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran, ELPSA, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep matematika siswa. Sehingga menyebabkan siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang belum terlalu baik. Oleh karenanitu, siswa perlu diberikan kesempatan dalam mengembangkan sendiri konsep matematika dengan pemahaman kuat dan cerdas. Melalui model pembelajaran ELPSA yang berlandaskan padanteori-teori pembelajaran konstruktivisme dan sifatnya sosial maka kegiatan pembelajaran dapat menghasilkan pemahaman konsep matematis yang bermakna. Sehingga konsep tersebut terkonstruksi dan tertanam dalam ingatan siswa dann siswa dapat mengaplikasikan konsep matematis yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ELPSA terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi peluang kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah Tulungagung, (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran ELPSA terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi peluang kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini mengambil sampel kelas VIII A dan VIII B MTs Asy Safi’iyah Tulungagung sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t dan uji cohen’s effect. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran ELPSA terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi peluang kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah Tulungagung dengan nilai signifikansi = 0,04<0,05, (2) Besar pengaruh model pembelajaran ELPSA terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi peluang kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah Tulungagung adalah 88%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202113 NATASHA RAHMANIA MUALIP |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 02:00 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 02:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47667 |
Actions (login required)
View Item |