PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELPSA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI PELUANG KELAS VIII MTs ASY SYAFI’IYAH TULUNGAGUNG

NATASHA RAHMANIA MUALIP, 126204202113 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELPSA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI PELUANG KELAS VIII MTs ASY SYAFI’IYAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran ELPSA terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Peluang Kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah Tulungagung” ini ditulis oleh Natasha Rahmania Mualip, NIM. 126204202113, Program Studi Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran, ELPSA, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep matematika siswa. Sehingga menyebabkan siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang belum terlalu baik. Oleh karenanitu, siswa perlu diberikan kesempatan dalam mengembangkan sendiri konsep matematika dengan pemahaman kuat dan cerdas. Melalui model pembelajaran ELPSA yang berlandaskan padanteori-teori pembelajaran konstruktivisme dan sifatnya sosial maka kegiatan pembelajaran dapat menghasilkan pemahaman konsep matematis yang bermakna. Sehingga konsep tersebut terkonstruksi dan tertanam dalam ingatan siswa dann siswa dapat mengaplikasikan konsep matematis yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ELPSA terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi peluang kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah Tulungagung, (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran ELPSA terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi peluang kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini mengambil sampel kelas VIII A dan VIII B MTs Asy Safi’iyah Tulungagung sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t dan uji cohen’s effect. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran ELPSA terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi peluang kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah Tulungagung dengan nilai signifikansi = 0,04<0,05, (2) Besar pengaruh model pembelajaran ELPSA terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi peluang kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah Tulungagung adalah 88%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202113 NATASHA RAHMANIA MUALIP
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:00
Last Modified: 28 Jun 2024 02:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47667

Actions (login required)

View Item View Item