PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY BERBANTUAN BULLETIN BOARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTs ABDULLOH KEDIRI PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

NANDA NUR INDAH KAMILATUR ROSIDAH, 126204203183 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY BERBANTUAN BULLETIN BOARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTs ABDULLOH KEDIRI PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan Pemecahan masalah matematis adalah satu satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik supaya mampu secara matematis dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Rendahya kemampuan pemecahan masalah matematis disebabkan oleh pembelajaran yang dipusatkan pada guru. Sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dipilihlah model pembelajaran Knisley. Hal ini karena model pembelajaran Knisley adalah model pembelajaran yang memiliki siklus menarik, tingkat keaktifan peserta didik dan guru saling bergantian sehingga peserta didik lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu supaya pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan digunakan bantuan media bulletin board. Dengan media tersebut lebih memudahkan peserta didik dalam berlatih mengerjakan soal pada materi aritmatika sosial. Tujuan penelitian ini adalah 1. mengetahui pengaruh model pembelajaran knisley berbantuan bulletin board terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII MTs Abdulloh Kediri pada materi aritmatika sosial. 2. mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran knisley berbantuan bulletin board terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII MTs Abdulloh Kediri pada materi aritmatika sosial. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Quasi Experimental Desain dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Knisley berbantuan bulletin board dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan untuk kelas eksperimen adalah kelas VII-B yang berjumlah 34 peserta didik dan kelas yang digunakan untuk kelas kontrol adalah kelas VII-C yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni Independent sample T-test dan Uji Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran knisley berbantuan bulletin board terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII MTs Abdulloh Kediri pada materi aritmatika sosial dengan nilai signifikansi . 2. model pembelajaran knisley berbantuan bulletin board berpengaruh sangat kuat terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII MTs Abdulloh Kediri pada materi aritmatika sosial sebesar atau .

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Perpustakaan
UPB
Karya Dosen
LPM
Depositing User: 126204203183 NANDA NUR INDAH KAMILATUR ROSIDAH
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:05
Last Modified: 28 Jun 2024 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47723

Actions (login required)

View Item View Item