PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN POWERPOINT-ISPRING SUITE BERBASIS ANDROID PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

NUR FITRIATUL CHASANAH, 126212202070 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN POWERPOINT-ISPRING SUITE BERBASIS ANDROID PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PRAKATA.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint-iSpring Suite Berbasis Android Pada Materi Hidrolisis Garam” ini ditulis oleh Nur Fitriatul Chasanah, NIM.126212202070, pembimbing Rizky Arief Shobirin, M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, PowerPoint, iSpring Suite, Android, Hidrolisis Garam Hidrolisis garam merupakan salah satu materi dalam kimia yang sulit dipahami oleh peserta didik karena berisikan materi yang bersifat abstrak seperti penggambaran molekul dan senyawa dalam reaksi hidrolisis. Media pembelajaran menjadi salah satu peranan yang penting dalam menunjang keberhasilan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, media pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara mandiri dengan memanfaatkan adanya teknologi seperti android yang mengggunakan powerpoint yang terintegrasi dengan iSpring Suite perlu dikembangkan. Android ini dapat digunakan sebagai suatu media pembelajaran yang lebih menyenangkan dan menarik bagi peserta didik sehingga mempermudah peserta didik dalam memahami materi hidrolisis garam tanpa terikat oleh waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, tingkat kelayakan, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan powerpoint-ispring suite berbasis android pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D yang dimodifikasi. Penelitian ini terbatas sampai tahap ketiga saja dikarenakan terbatasnya waktu dan tenaga. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara dan angket untuk mengetahui analisis kebutuhan dalam pengembangan produk, lembar validasi untuk menguji tingkat kelayakan produk dan angket respon peserta didik untuk mengetahui keterbacaan produk. Media pembelajaran ini divalidasi oleh satu orang dosen tadris kimia dan satu orang guru kimia MAN 1 Pasuruan. Selanjutnya, tingkat keterbacaan produk media pembelajaran dinilai oleh peserta didik kelas XI-E MAN 1 Pasuruan yang berjumlah 37 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran dikembangkan dengan 3 tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint, iSpring Suite, dan Web 2 APK Builder. Isi media pembelajaran meliputi: info media, apersepsi, petunjuk penggunaan, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, referensi, evaluasi, game sifat garam terhidrolisis, dan profil. (2) media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh validator ahli materi dengan persentase skor sebesar 87%. Sedangkan skor dari validator ahli media memperoleh persentase sebesar 93% dengan kategori sangat layak. (3) Angket repon peserta didik pada uji coba terbatas media pembelajaran memperoleh persentase skor sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji validasi ahli dan angket respon peserta didik, media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202070 NUR FITRIATUL CHASANAH
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:35
Last Modified: 08 Jul 2024 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47948

Actions (login required)

View Item View Item