PERBEDAAN PENDEKATAN KONSEP DAN MIND MAPPING DALAM PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN ARYOJEDING TAHUN AJARAN 2015/2016

DEBTA KHOIRUL RIFA’I, 2814123054 (2017) PERBEDAAN PENDEKATAN KONSEP DAN MIND MAPPING DALAM PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN ARYOJEDING TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (425kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Student Teams Achievement Divions) STAD Dengan Menggunakan (Lembar Kerja Siswa) LKS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gandusari Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Debta khoirul rifa’i. NIM. 2814123054, pembimbing Dr. Dewi Asmarani M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperati Tipe STAD, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa motivasi siswa di masa sekarang, baik dari sekolah dasar dan menengah masih rendah disebabkan model pembelajaran yang dipelajari masih bersifat konvensional. Hal tersebut dapat menimbulkan kesulitan siswa dalam mengerti dan memahami materi pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Selain itu dominasi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran kurang memberikan kesempatan siswa untuk mengajukan pertanyaan, dan motivasi kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan intelektual dengan model dan metode yang baru sehingga membuat siswa menjadi pasif. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan pembelajaran yang menarik yang bisa membuat siswa aktif, peneliti menggunakan salh satu model pembelajaran kooperatif tipe (Student Teams Achievement Division) STAD Dengan Menggunakan (Lembar Kerja Siswa) LKS. Model pembelajaran ini melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapat (mengemukakan pikirannya sendiri) dan dituntut untuk aktif berpartisipasi dalam kelompoknya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) “Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Student Teams Achievement Divions) STAD Dengan Menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gandusari Tahun Ajaran 2015/2016?”, (2) “Bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Student Teams Achievement Division) STAD Dengan Menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gandusari Tahun Ajaran 2015/2016?”, (3) “Berapa Besar Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Student Teams Achievement Division) STAD Dengan Menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gandusari Tahun Ajaran 2015/2016?”. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: “Untuk menjelaskan Apakah ada pengaruh, Bagaimana pengaruh serta Seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Student Teams Achievement Division) STAD Dengan Menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gandusari Tahun Ajaran 2015/2016”. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen semu, teknik sampling dengan purposive sampling dan sampel yang diambil adalah kelas VII-A dan VII-B. Instrumen pengumpulan data berupa: pedoman dokumentasi dan soal tes (post-test untuk memperoleh hasil belajar), teknik analisis data post-test dengan uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Hasil hitung menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel yaitu 5,301 > 2,021 yang artinya H_o ditolak dan H_a diterima. Besarnya pengaruh pembelajaran metode (Student Teams Achievement Division) STAD dengan menggunakan LKS terhadap hasil belajar kelas VII di SMP Negeri 2 Gandusari tahun ajaran 2015/2016 adalah 93, 3%. Dengan demikian metode (Student Teams Achievement Division) STAD dengan menggunakan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123054 DEBTA KHOIRUL RIFA’I
Date Deposited: 09 Feb 2017 04:17
Last Modified: 09 Feb 2017 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4795

Actions (login required)

View Item View Item