تطبيق نموذج التعليم القائم على حل المشكلات في تحسين مهارة الكتابة لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة المعارف تولونج أجونج

RAHMA NURHANIFAH, 126202201010 (2024) تطبيق نموذج التعليم القائم على حل المشكلات في تحسين مهارة الكتابة لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة المعارف تولونج أجونج. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (886kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Penerapan Model Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Meningkatkan Maharah Kitabah Siswa Kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung" ini ditulis oleh Rahma Nurhanifah, NIM. 126202201010, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing: Prof. Dr. Sokip, M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan Model Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Maharah Kitabah. Penelitian ilmiah ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung memiliki kemampuan kitabah (menulis) yang heterogen, hal ini dikarenakan ketidaksamaan bakat, kemampuan, motivasi, latar belakang peserta didik, minimnya pengetahuan atau penguasaan, peserta didik merasa kesulitan dalam mempelajari keterampilan menulis, kurangnya drill yang digunakan untuk latihan menulis terbimbing dan peserta didik merasa bosan dalam pembelajaran keterampilan menulis yang disebabkan oleh terciptanya kelas yang pasif, guru lebih aktif daripada peserta didik dan hanya mengedepankan penyelesaian materi yang telah disampaikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1.) Bagaimana perencanaan pembelajaran penerapan model berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam meningkatkan maharah kitabah siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung? 2) Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam meningkatkan maharah kitabah siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam meningkatkan maharah kitabah siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang diperoleh peneliti adalah: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran keterampilan menulis di kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung bahwa telah sesuai dengan komponen penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran serta prinsip-prinsipnya. 2) Pada tahap langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas VII secara umum sudah berjalan dengan baik. Dalam implementasi Problem Based Learning peserta didik aktif pada saat proses diskusi sehingga peserta didik bisa bertukar informasi untuk penyelesaian masalahnya. Pemecahan masalah di dalam kelas diatasi dengan cara berfikir kritis dan keterampilan siswa. 3) Evaluasi penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam keterampilan menulis siswa kelas VII, guru menggunakan tes tulis, tes lisan dan penugasan. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk penilaian guru serta menguji pemahaman peserta didik mengenai materi keterampilan menulis yang sudah dipelajari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202201010 RAHMA NURHANIFAH
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:47
Last Modified: 09 Jul 2024 04:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48264

Actions (login required)

View Item View Item