PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII MTs MBI MAMBAUL FALAH

ZULZILATUN NABAWIYAH, 126204202140 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII MTs MBI MAMBAUL FALAH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII MTs MBI Mambaul Falah” ini ditulis oleh Zulzilatun Nabawiyah., NIM 126204202140, pembimbing Dr. Miswanto, M.Pd. Kata kunci : Media Pembelajaran Aplikasi Canva, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Pembelajaran yang dianggap rumit untuk dipahami memberi dampak yang tidak baik bagi proses pembelajaran siswa. Pembelajaran matematika pada saat ini hanya mementingkan keterampilan prosedural dalam menyelesaikan soal yang sebenarnya hanya perlu berlatih untuk dapat menguasainya. Pandangan siswa terhadap pembelajaran matematika yang dianggap sulit ini mempengaruhi hasil belajar dan rendahnya motivasi belajar. Berbagai keluhan yang dialami siswa pada proses pembelajaran matematika sebagai salah satu bukti rendahnya motivasi yang dimiliki. Pemilihan media pembelajaran dapat menentukan hasil belajar siswa, jika pemilihan media pembelajaran tidak sesuai dengan kondisi kelas maka target hasil belajar juga tidak akan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran aplikasi canva terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII pada materi aljabar di MTs MBI Mambaul Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs MBI Mambaul Falah yang berjumlah 62 siswa. Teknik pengampilan sample yang digunakan adalah porpusive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data tersusun atas uji instrumen (uji validitas dan reabilitas) uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) uji hipotesis (uji-t dan manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi canva terhadap motivasi belajar siswa pada materi aljabar kelas VII MTs MBI Mambaul Falah. Kesimpulan tersebut berdasarkan kriteria pengujian dengan signifikansi < 0,05, didapatkan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VII MTs MBI Mambaul Falah. Kesimpulan tersebut berdasarkan kriteria pengujian dengan signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi canva terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VII MTs MBI Mambaul Falah. Kesimpulan tersebut berdasarkan kriteria pengujian dengan signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202140 ZULZILATUN NABAWIYAH
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:10
Last Modified: 10 Jul 2024 01:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48371

Actions (login required)

View Item View Item