NURUL 'AINI, 126210202089 (2024) STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL NOTASI KARYA MORRA QUATRO DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI AJAR KELAS XII DI SMA/MA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (486kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
‘Aini, Nurul. 2024. Struktur Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Notasi Karya Morra Quatro dan Implikasinya sebagai Alternatif Materi Ajar Kelas XII di SMA/MA. Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata kunci: Struktur Kepribadian, Tokoh Utama, Novel Akhir-akhir ini banyak diberitakan kasus kekerasan yang dilakukan oleh peserta didik di lingkungan sekolah baik secara fisik maupun psikis. Menurut data yang dirilis Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI-PPA) sejak Januari sampai dengan Februari 2024 jumlah kasus kekerasan terhadap anak telah mencapai 1.993 kasus. Jumlah tersebut dapat terus meningkat, terutama jika dibandingkan dengan kasus kekerasan yang terjadi pada tahun 2023. Sementara, menurut Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dari Januari sampai Agustus 2023 terdapat 2.355 kasus pelanggaran terhadap perlindungan anak. Dari jumlah tersebut sebanyak 861 kasus terjadi di lingkungan pendidikan. Hal ini mengindikasikan bahwa pendidikan dalam membentuk kepribadian peserta didik masih sangat kurang dan perlu menjadi perhatian. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Notasi karya Morra Quatro, (2) mendeskripsikan implikasi struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Notasi karya Morra Quatro sebagai alternative materi ajar kelas XII di SMA/MA dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra yang berfokus pada teori psikoanalisis Sigmund Freud. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah baca dan catat serta wawancara. Hasil analisis data kemudian diimplikasikan ke dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai materi ajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya (1) aktivitas struktur kepribadian tokoh utama Nalia berupa id, ego, dan superego didominasi oleh struktur kepribadian berupa superego. Hal ini menunjukkan bahwasanya kepribadian Nalia lebih mengutamakan nilai-nilai moralitas daripada memenuhi dorongan-dorongan id yang liar dan tidak terkontrol, (2) hasil analisis struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Notasi karya Morra Quatro dapat dijadikan alternatif materi ajar kelas XII di SMA/MA dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Sesuai dengan hasil wawancara yang dilaksanakan dengan Ibu Binti Takasun S.Pd., selaku Guru Bahasa Indonesia di SMAN 1 Ngunut Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Novel Pendidikan Bahasa Dan Sastra > Sastra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210202089 NURUL 'AINI |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:08 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48605 |
Actions (login required)
View Item |