MUHAMMAD ABDI MAHARDIKA, 12212183040 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI PEER INSTRUCTION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LAJU REAKSI SISWA MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (578kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (147kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text
BABI III.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (202kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Peer Instruction Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Laju Reaksi” ini dtitulis oleh Muhammad Abdi Mahardika, NIM. 12212183040, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M. Pd. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Peer Instruction, Motivasi, Hasil Belajar, Laju Reaksi Penerapan model pembelajaran yang berpusat pada guru menyebabkaan siswa kurang aktif dan tidak memfasilitasi siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya. Salah satu langkah untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing yang diintegrasikan dengan metode instruksi teman sebaya (Peer Instruction). Studi ini menggabungkan pendekatan inkuiri terbimbing dengan metode peer instruction dalam upaya meningkatkan semangat dan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi peer instruction terhadap motivasi belajar siswa pada materi laju reaksi. 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi peer instruction terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi peer instruction terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi Experiment dengan rancangan Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIPA MAN 3 Tulungagung. Sampel yang digunakan yaitu Kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan dalam mengambil sampel pada penelitian ini Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Pengukuran instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, daya sukar butir soal, daya beda butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji manova. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi peer instruction terhadap motivasi belajar siswa MAN 3 Tulungagung pada materi laju reaksi dengan nilai signifikasi sebesar 0,039 ≤ 0,05. 2) terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi peer instruction terhadap hasil belajar siswa MAN 3 Tulungagung pada materi laju reaksi dengan nilai signifikasi sebesar 0,024 ≤ 0,05. 3) terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi peer instruction terhadap motivasi dan hasil belajar siswa MAN 3 Tulungagung pada materi laju reaksi dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 ≤ 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212183040 MUHAMMAD ABDI MAHARDIKA |
Date Deposited: | 20 Jul 2024 12:25 |
Last Modified: | 20 Jul 2024 12:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48691 |
Actions (login required)
View Item |