FLOW AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG

AHMAD MUHAJIR ROMADHON, 1880512220018 (2024) FLOW AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Flow Akademik dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Ahmad Muhajir Romadhon dibimbing oleh Ibu Dr. Musrikah, M.Pd. dan Ibu Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Flow akademik, Bangun Ruang, Motivasi Belajar. Kebiasan siswa di Indonesia ketika sudah mengalami kebosanan dalam kelas kebanyakan mencari aktivitas yang lain seperti bermain handphone, berbicara dikelas, menggambar dan lain-lain. Hal ini berdampak pada menurunnya tingkat konsentrasi dan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran sehingga hal tersebut menjadikanya tidak bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan soal. Pada umumnya kondisi flow akademik sedikit diketahui oleh siswa maupun guru. Flow akademik diyakini dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa dalam pembelajaran matematika. Individu yang mengalami flow akademik biasanya terlibat secara intens pada kegiatan yang dilakukannya, sehingga tak jarang mereka cenderung untuk tidak sadar dengan waktu atau tempat. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui flow akademik siswa SMPI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung dengan motivasi belajar tinggi dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. (2) Mengetahui flow akademik siswa SMPI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung dengan motivasi belajar sedang dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. (3) Mengetahui flow akademik siswa SMPI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung dengan motivasi belajar rendah dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian berasal dari siswa kelas VIII A SMPI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2023/2024 ditinjau dari kategori motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes tulis, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tahapan yang dikembangkan Creswell, terdiri dari: mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, mengcoding data, mendeskripsikan kategori dan tema, menghubungkan tema-tema atau deskripsi, dan menginterpretasi atau memaknai data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan motivasi belajar tinggi dalam menyelesaikan soal level kognitif c2 dan c3 memenuhi semua indikator flow akademik (absorption, enjoyment & intrinsik motivation) dan mampu menjawab soal dengan benar. Sedangkan untuk soal level kognitif c5 siswa hanya memenuhi indikator flow akademik enjoyment & intrinsic motivation dengan jawaban yang kurang tepat. (2) Siswa dengan motivasi belajar sedang dalam menyelesaikan soal level kognitif c2 dan c3 hanya memenuhi indikator flow akademik absorption & enjoyment serta hanya mampu menjawab benar soal c2. Sedangkan untuk soal level kognitif c5 siswa memenuhi semua indikator flow akademik (absorption, enjoyment & intrinsik motivation) dengan jawaban yang kurang tepat. (3) Siswa dengan motivasi belajar rendah dalam menyelesaikan soal level kognitif c2, c3, dan c5 tidak memenuhi memenuhi semua indikator flow akademik (absorption, enjoyment & intrinsik motivation) serta hanya menjawab benar soal c2.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512220018 AHMAD MUHAJIR ROMADHON
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:16
Last Modified: 16 Jul 2024 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48706

Actions (login required)

View Item View Item