DEWI LATHIFA RAHMADANI, 126201202101 (2024) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (342kB) | Preview |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
||
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (940kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text
BAB VI .pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (426kB) |
||
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung" ini ditulis oleh Dewi Lathifa Rahmadani, NIM 126201202101, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing H. Abdulloh Chakim, S.Ag., M.Pd. kata kunci: Penerapan, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya Kurikulum merdeka merupakan kebijakan dari kemendikbudristek RI, Bapak Nadiem Makarim yang telah diterapkan di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung di semua mata pelajaran, tidak terkecuali pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Pada penerapannya terdiri atas kegiatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang mengacu rancangan modul ajar guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung (3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi pada objek penelitian. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi data (conclusion drawing/verification). Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan data, ketekunan pengamatan, triangulasi (sumber, teknik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung meliputi: adanya workshop implementasi kurikulum merdeka, mengembangkan capaian pembelajaran, menetapkan tujuan pembelajaran, menetapkan alur tujuan pembelajaran, merancang dan menyusun modul ajar, adanya peran serta kepala sekolah dalam pemberian fasilitas penunjang kegiatan pendidikan. (2) pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup mengacu dalam modul ajar kurikulum merdeka yang telah disusun guru. Pada kegiatan pendahuluan untuk kelas VII terdapat kegiatan tambahan yaitu peserta didik menyetorkan hafalan bacaan shalat dan surat pendek Al-Qur’an. Pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran terdapat upaya pengembangan karakter profil pelajar pancasila melalui metode nasihat, keteladanan, merelevansikan butir dimensi profil pelajar pancasila dengan materi. (3) evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung dilaksanakan dengan dua macam asesmen yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202101 DEWI LATHIFA RAHMADANI |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 12:47 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 12:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48789 |
Actions (login required)
View Item |