تعليم‌اللغة‌العربية‌ابستخدام‌وسائل‌تطبيق‌مقدم‌ النشط‌لرتقية‌نتائج‌تعليم ‌اللغة‌العربية‌)دراسة‌متعددة‌يف‌مدرسة‌املتوسطة‌نور ‌النضلي‌ ومدرسة‌املتوسطة‌مفتاح‌احلسىن‌بريجوت‌سي‌توان)

BASIR HARAHAP, 12850421006 (2024) تعليم‌اللغة‌العربية‌ابستخدام‌وسائل‌تطبيق‌مقدم‌ النشط‌لرتقية‌نتائج‌تعليم ‌اللغة‌العربية‌)دراسة‌متعددة‌يف‌مدرسة‌املتوسطة‌نور ‌النضلي‌ ومدرسة‌املتوسطة‌مفتاح‌احلسىن‌بريجوت‌سي‌توان). [ Thesis ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Aplikasi Active Presenter dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Multisitus di Madrasah Tsanawiyah Nur An Nahdly dan Madrasah Tsanawiyah Miftahul Husna Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang” ini ditulis oleh Basir Harahap dengan Pembimbing Prof. Dr. Sokip, M.Ag dan Prof. Dr. H. As’aril Muhajir, M. Ag. Kata Kunci: Media Active Presenter, Hasil Belajar, Bahasa Arab Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pembelajaran bahasa Arab dirasakan bagi para siswa adalah pelajaran yang sangat menakutkan dan menjenuhkan, hal itu disebabkan karena belajar bahasa merupakan upaya untuk membangun situasi dan kondisi baru dalam diri seseorang untuk dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan pemilik bahasa tersebut. Yang demikian ini dari rata-rata hasil belajar siswa yang masih rendah. Rendahnya hasil belajar salah satunya disebabkan model dan metode serta media pembelajaran guru kurang kreatif, suasana yang kurang mendukung dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian lapangan dengan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan cara keterpercayaaan dengan trianggulasi, pembahasan sejawat, dan memperpanjang keikutsertaan. Dengan keteralihan, ketergantungan dan kepastian data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan media pembelajaran Active Presenter pada pembelajaran bahasa Arab kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Mts Nur An Nahdly dan Mts Miftahul Husna Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang pelaksanaannya meliputi; a) Persiapan, yakni; menyiapkan rencana pembelajaran, menganalisis materi yang akan dipetakan, menyajikan materi berbentu video yang lebih menarik. b) Pelaksanaan, yakni; pendahuluan dengan do’a dan appersepsi, menjelaskan materi, setelah materi disampaikan guru menjelaskan proses meringkas materi dengan menampilkan , siswa dibuat berkelompok dengan menyiapkan selembar kertas kosong untuk alat menulis siswa ketika video ditampilkan. c) kemudian dipresentasikan tentang hasil materi yang telah didengarkan. 2) Kontribusi penerapan media pembelajaran Active Presenter di Madrasah Tsanawiyah di di Mts Nur An Nahdly dan Mts Miftahul Husna Percut Sei Tuan Kabupaten Deli diantaranya: a) dapat memperlancar dan mempermudah proses pembelajaran dan penyampaian materi kepada siswa, b) menumbuhkan kreativitas mendengar bahasa Arab kepada siswa, c) dapat membentuk sikap kerja sama yang tinggi antar siswa, d) kelas menjadi tertib dan tidak ada kegaduhan, e) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. 3) Hasil belajar siswa setelah penerapan media pembelajaran Active Presenter pada pembelajaran Bahasa Arab kelas VIII, memiliki kesamaan diantaranya: media pembelajaran Active Presenter dalam pembelajaran bahasa Arab yang diterapakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil ulangan harian dan ujian tengah semester setelah menggunakan media pembelajaran Active Presenter.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12850421006 BASIR HARAHAP
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:35
Last Modified: 02 Sep 2024 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48851

Available Versions of this Item

  • تعليم‌اللغة‌العربية‌ابستخدام‌وسائل‌تطبيق‌مقدم‌ النشط‌لرتقية‌نتائج‌تعليم ‌اللغة‌العربية‌)دراسة‌متعددة‌يف‌مدرسة‌املتوسطة‌نور ‌النضلي‌ ومدرسة‌املتوسطة‌مفتاح‌احلسىن‌بريجوت‌سي‌توان). (deposited 31 Jul 2024 04:35) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item