PENGEMBANGAN E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM MATA PELAJAAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MI PODOREJO TULUNGAGUNG

ULFA RAHMA, 126205201030 (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM MATA PELAJAAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MI PODOREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (977kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Book untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Kelas IV dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Podorejo Tulungagung”, ditulis oleh Ulfa Rahma, NIM 126205201030, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, PembimbingUswatun Hasanah, S. Pd.I, M. Pd Kata kunci : E-Book Mata Pelajaran IPA, Kemandirian Peserta Didik Pengembangan E-Book untuk meningkatkan kemandirian peserta didik kelas IV dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Podorejo Tulungagung dilatarbelakangi oleh adaptasi teknologi pada pendidikan. Selain itu, keterbatasan media pembelajaran yang dapat mengatasi kesulitan belajar peserta didik karena metode yang diterapkan bersifat konvensional sehingga peserta didik kurang mandiri dalam belajar. Penggunaan media E-Book dipilih karena dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar, serta dapat digunakan tidak terbatas ruang dan waktu, sehingga dapat meningkatkan kemandirian peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: a). Bagaimanakah prosedur pengembangan E-Book dengan menggunakan Book Creator dan kelayakannya dalam pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA di MI Podorejo? b).Bagaimanakah dampak E-Book dengan menggunakan Book Creator dalam meningkatkan kemandirian peserta didik dalam belajar mata pelajaran IPA di MI Podorejo? Penelitian ini bertujuan untuk: a). Menjelaskan prosedur pengembangan E-Book dengan menggunakan Book Creator dan mengetahui kelayakannya dari segi unsur dan karakteristiknya. b). Mengetahui dampak E-Book dengan menggunakan Book Creator dalam meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar mata pelajaran IPA di MI Podorejo. Penelitian ini merupakan penilitian dengan metode (R&D) dengan menggunakan tahapan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development,Implementation, Evaluation. Pertama yaitu tahap Analysis terdapat dua tahap yaitu analisis kondisi dan analisis kebutuhan, analisis kondisi dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di sekolah dan analisis kebutuhan untuk mengetahui media yang tepat dan dibutuhkan oleh peserta didik melalui observasi dan wawancara. Ke-dua, tahap design pada tahapan ini dilakukan perencanaan desain E-Book beserta materi dan instrumen uji kelayakan. Ketiga, tahap development, pada tahapan ini dilakukan pengembangan desain E-Book dan validasi media kepada ahli media dan ahli materi dengan menggunakan lembar validasi untuk melihat kelayakan media sebelum diuji cobakan pada peserta didik. Ke-empat, tahap implementation, pada tahapan ini dilakukan uji coba lapangan dengan subjek uji coba sejumlah 17 peserta didik kelas IV MI Podorejo pada mata pelajaran IPA. Ke-lima, tahap evaluation merupakan tahapan evaluasi media EBook yang dapat digunakan oleh peserta didik pada pembelajaran IPA dalam jangka panjang untuk meningkatkan kemandirian belajar. Hasil penelitian pengembangan E-Book berdasarkan validasi kelayakan pada ahli media diperoleh skor 80 dan presentase 84,43% termasuk dalam kriteria “layak”, selanjutnya melalui validasi ahli materi secara keseluruhan skor yang diperoleh 99 dan presentase kelayakan 99,15% yang termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Selanjutnya hasil uji coba dengan peserta didik berjumlah 17 memperoleh hasil rata-rata 90,70% dalam kategori kemandirian “sangat tinggi”.Maka dapat disimpulkan bahwa media E-Book layak diterapkan dalam pembelajaran IPA dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian peserta didik kelas IV di MI Podorejo Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201030 ULFA RAHMA
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:52
Last Modified: 23 Jul 2024 01:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48871

Actions (login required)

View Item View Item