LATIFAH ASMUL FAUZI, 126208203090 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII DI SMPN 3 KALIDAWIR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (934kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (683kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (515kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII SMPN 3 Kalidawir" ditulis oleh Latifah Asmul Fauzi, NIM. 126208203090, Pembimbing: Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Praktikum, Think Talk Write. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dimana beberapa guru masih menggunakan model pembelajaran langsung yang berpusat pada guru dan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah, yang tidak sesuai dengan paradigma pendidikan sekarang yaitu student centered. Dampaknya, pengalaman belajar peserta didik terbatas sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik serta tidak adanya penilaian terhadap aspek afektif dan psikomotorik. Penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan metode praktikum merupakan salah satu alternatif solusi bagi guru, karena model pembelajaran ini menekankan pada kegiatan berpikir, berbicara, dan menulis, sedangkan metode praktikum mendorong keterlibatan aktif peserta didik melalui pengalaman langsung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan metode praktikum terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII di SMPN 3 Kalidawir, (2) menganalisis pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan metode praktikum terhadap kemampuan afektif siswa kelas VII di SMPN 3 Kalidawir, (3) menganalisis pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan metode praktikum terhadap kemampuan psikomotorik siswa kelas VII di SMPN 3 Kalidawir. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian quasi eksperimen, desain penelitian non equivalent control group design, sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dan pengambilan data menggunakan soal pre-test dan post-test untuk menilai kemampuan kognitif, kuesioner untuk menilai kemampuan afektif, dan observasi untuk menilai kemampuan psikomotorik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan metode praktikum terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII di SMPN 3 Kalidawir, dibuktikan dengan hasil uji independent t-test dengan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,003 < 0,05. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan metode praktikum terhadap kemampuan afektif siswa kelas VII di SMPN 3 Kalidawir, dibuktikan dengan hasil uji independent t-test dengan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,002 < 0,05. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan metode praktikum terhadap kemampuan psikomotorik siswa kelas VII di SMPN 3 Kalidawir, dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney dengan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208203090 LATIFAH ASMUL FAUZI |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 07:53 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 07:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49020 |
Actions (login required)
View Item |