DEVITA ANINDIA PUTRI, 126306202066 (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK REINFORCEMENT POSITIVE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMP NEGERI 1 KAUMAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (314kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (356kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Reinforcement Positive Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa di SMP Negeri 1 Kauman” ditulis oleh Devita Anindia Putri dengan NIM. 126306202066. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Arina Husna Zaini, M.Pd. Abstrak : Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas keterampilan komunikasi interpersonal siswa yang berawal dari adanya fenomena di SMP Negeri 1 Kauman dimana terdapat siswa yang canggung dan malu berinteraksi dengan teman sebayanya, kurang menghargai teman yang berbicara di depan kelas, kurang mampu menghargai pendapat teman, memiliki kebiasaan berkata kotor dan sering memanggil teman bukan nama aslinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik reinforcement positive dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di SMP Negeri 1 Kauman. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental menggunakan desain One Group Pretest Post-test. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII C yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang rendah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling yang mana 10 siswa dipilih secara acak, kemudian dijadikan sebagai kelas eksperimen. Pengukuran yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T Test dan diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05 artinya adanya perbedaan yang signifikan antara data sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Selain itu, terdapat perbedaan mean secara signifikan antara data pretest dan data post-test yang mana skor post-test lebih tinggi daripada skor pretest yaitu dari 110,5 menjadi 156,2 ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal siswa setelah mendapatkan perlakuan. Adapun hasil penghitungan menggunakan uji N-Gain Score yang menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen memiliki persentase sebesar 80,91% berada dalam kategori efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positive efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di SMP Negeri 1 Kauman. Kata kunci : Konseling Kelompok, Teknik Renforcement Positive, Keterampilan Komunikasi Interpersonal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306202066 DEVITA ANINDIA PUTRI |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 02:29 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 02:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49180 |
Actions (login required)
View Item |