STRATEGI PUBLIC RELATIONS LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK DAN SHODAQOH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) TULUNGAGUNG

MUHAMMAD KHOIRUN NIZAM, 126304201028 (2024) STRATEGI PUBLIC RELATIONS LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK DAN SHODAQOH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (691kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Khoirun Nizam. (2024). Strategi Public Relations Lembaga Amil Zakat Infak Dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Tulungagung Dalam Membentuk Citra Positif Lembaga Program Studi: Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Fionna Christabella, M.A. Penelitian ini berfokus pada strategi public relations (PR) yang diterapkan oleh Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) di Tulungagung dalam konteks meningkatnya jumlah lembaga zakat di Indonesia dan perhatian terhadap kasus penyalahgunaan dana, seperti yang terjadi pada ACT pada Juli 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi PR Lazismu Tulungagung, termasuk hambatan dan dampaknya terhadap pengumpulan dan penyaluran dana zakat, infak, dan sedekah. Teori yang digunakan adalah teori public relations menurut Alison Theaker, yang memandang organisasi sebagai sistem kompleks yang memerlukan hubungan sehat dengan stakeholder, serta teori ketergantungan yang menyoroti pentingnya mempertahankan dukungan dari berbagai pihak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang berarti menghimpun, mengelola, dan menganalisis data secara kualitatif. Untuk memberikan gambaran lengkap tentang hubungan publik Lazismu Tulungagung dan juga menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PR Lazismu Tulungagung meliputi strategi korporat yang jelas, simbolisme dalam logo, konsistensi dalam identitas visual dan komunikasi, budaya perusahaan yang mencerminkan nilai-nilai seperti amanah dan profesionalisme, personalitas korporat yang kuat, dan pendekatan Reflecting Reality yang menekankan transparansi dan akuntabilitas. Strategi-strategi ini tidak hanya membantu membangun citra positif, tetapi juga meningkatkan kepercayaan dan dukungan dari masyarakat serta donatur. Kata Kunci : Strategi public relations, Lazismu, Identitas korporat

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Muhammadiyah
Ormas
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304201028 MUHAMMAD KHOIRUN NIZAM
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:58
Last Modified: 31 Jul 2024 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49199

Actions (login required)

View Item View Item