PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ISLAMI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V DI SD NEGERI MANGUNSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

muhammad As'adur rofiq, 3214103160 (2015) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ISLAMI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V DI SD NEGERI MANGUNSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad As’adur Rofiq, 3214103160, 2015. Pengaruh Pedekatan Matematika Realistik Berasis Islami Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Siswa Kelas V Di SD Negeri Mangunsari Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Islami, kemampuan pemecahan masalah siswa. Matematika merupakan suatu mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia, mulai dari sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah atas (SMA) dan bahkan sampai perguruan tinggi. Penyampaian materi matematika secara konvensional misalnya ceramah, akan membuat siswa jenuh sebagai akibatnya motivasi belajar dan prestasi belajar akan semakin menurun. Berangkat dari permasalahan tersebut penulis hendak mempermudah siswa dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalahnya. Untuk itulah diperluka pendekatan matematika realistik berbasis islami. Pada model pembelajaran ini, siswa tidak hanya diajak memecahkan permasalahan dalam matematika, tetapi juga diajak membawa matematika ke dalam kehidupan beragama sehari-hari khususnya agama Islam. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan matematka realistik berbasis islami terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V di SD negeri Mangunsari Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilitan quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif teknik pengumpulan data yang dipakai oleh peneliti adalah metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan matematika realistik berbasis islami terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V di SD negeri Mangunsari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: rofiq 3214103160 muhammad As'adur Rofiq
Date Deposited: 29 Mar 2017 07:26
Last Modified: 29 Mar 2017 07:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4921

Actions (login required)

View Item View Item