PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR PADA SISWA KELAS RENDAH

RIKE INDAH SAFITRI, 126205201043 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR PADA SISWA KELAS RENDAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar pada Siswa Kelas Rendah” ditulis oleh Rike Indah Safitri, NIM 12620520104 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing yaitu Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Media, FlashCard, Kemampuan Dasar, Siswa Membaca, menulis dan berhitung menjadi aspek yang penting di sekolah dasar khususnya di kelas rendah. Membaca melibatkan pemahaman terhadap isi bacaan, pemahaman terhadap konteks bacaan, dan penerapan bacaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kemampuan membaca, siswa dapat menulis dan berhitung. Tingkat kemampuan membaca anak di Indonesia, dilihat berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan Indonesian National Assesment Programme (INAP) pada tahun 2016 yang memperoleh hasil bahwa sebanyak 46,83% siswa Sekolah Dasar di Indonesia memiliki tingkat kemampuan membaca yang berada pada kategori kurang. Rumusan masalah dalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses define, design, development, dan disseminate dalam pengembangan Media Flash Card untuk meningkatkan keterampilan dasar siswa kelas bawah secara valid, praktis dan efektif? Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Model pengembangan dan penelitian ini menggunakan 4 tahap yaitu tahap Define (Analisis), Design (Perancangan), Development , dan Desseminate. Hasil analisis data dari angket uji validasi ahli materi dengan jumlah skor 26 dengan persentasi kevalidan 92,8%. Hasil analisis data dari angket uji validasi ahli media dengan jumlah skor 49 dengan persentasi kevalidan 94,2%. Hasil angket respon guru dengan jumlah skor yang telah diberikan yaitu sebesar 26 dengan persentasi kevalidan 81,25%. Hasil angket respon peserta didik, dengan jumlah skor yang telah diberikan yaitu sebesar 252 dengan persentasi kevalidan 84,2%. Dan hasil analisis data uji coba lapangan, seluruh siswa mendapat nilai dengan interval 80100 berkategori “Sangat Baik”. Hal ini dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan media FlashCard dapat meningkatkan kemampuan dasar siswa yang meliputi membaca, menulis, dan berhitung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201043 RIKE INDAH SAFITRI
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:55
Last Modified: 15 Aug 2024 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49439

Actions (login required)

View Item View Item