AFIFAH ZAHRAH RAMADHANI, 126310201007 (2024) LITERASI MUSIK PADA ANAK AUTIS SEBAGAI PENGANTAR PEMBELAJARAN DI YAYASAN PENDIDIKAN AUTIS MUTIARA HATI KOTA MOJOKERTO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Literasi Musik pada Anak Autis sebagai Pengantar Pembelajaran di Yayasan Pendidikan Autis Mutiara Hati Kota Mojokerto” yang ditulis oleh Afifah Zahrah Ramadhani, dengan NIM. 126310201007, Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan Dosen Pembimbing Prisca Budi Juvitasari, M.A. Kehadiran musik bukanlah suatu hal yang baru dari bagian kehidupan manusia. Pada dunia pendidikan, literasi musik menjadi salah satu terapi untuk siswa, salah satu sekolah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di wilayah Mojokerto yaitu Yayasan Pendidikan Autis Mutiara Hati Kota Mojokerto yang memanfaatkan literasi musik untuk terapi siswa yang berkebutuhan khusus, khususnya penyandang autisme. tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui tahap dalam kegiatan musik dan hambatan guru dalam melaksanakan literasi musik pada kegiatan sosialisasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan tujuh guru di Yayasan Pendidikan Autis Mutiara Hati Kota Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam literasi musik memiliki teknik yaitu bernyanyi, bermain musik, gerak ritmis, dan mendengarkan musik dapat membantu daya konsentrasi anak dan perkembangan motorik siswa. Terdapat hambatan yang dihadapi guru dalam penerapan musik pada kegiatan sosialisasi yaitu mood siswa, fokus siswa, saat siswa tantrum, dan tidak menyukai musik. Diharapkan literasi musik tersebut dapat dijadikan referensi oleh tenaga pendidik lain untuk menerapkan musik saat di sekolah sebagai sarana terapi siswa dan meningkatkan daya konsentrasi siswa. Kata Kunci: Literasi musik, autis, pembelajaran, daya konsentrasi
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | 126310201007 AFIFAH ZAHRAH RAMADHANI |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:59 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49463 |
Actions (login required)
View Item |