LITERASI MUSIK PADA ANAK AUTIS SEBAGAI PENGANTAR PEMBELAJARAN DI YAYASAN PENDIDIKAN AUTIS MUTIARA HATI KOTA MOJOKERTO

AFIFAH ZAHRAH RAMADHANI, 126310201007 (2024) LITERASI MUSIK PADA ANAK AUTIS SEBAGAI PENGANTAR PEMBELAJARAN DI YAYASAN PENDIDIKAN AUTIS MUTIARA HATI KOTA MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Literasi Musik pada Anak Autis sebagai Pengantar Pembelajaran di Yayasan Pendidikan Autis Mutiara Hati Kota Mojokerto” yang ditulis oleh Afifah Zahrah Ramadhani, dengan NIM. 126310201007, Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan Dosen Pembimbing Prisca Budi Juvitasari, M.A. Kehadiran musik bukanlah suatu hal yang baru dari bagian kehidupan manusia. Pada dunia pendidikan, literasi musik menjadi salah satu terapi untuk siswa, salah satu sekolah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di wilayah Mojokerto yaitu Yayasan Pendidikan Autis Mutiara Hati Kota Mojokerto yang memanfaatkan literasi musik untuk terapi siswa yang berkebutuhan khusus, khususnya penyandang autisme. tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui tahap dalam kegiatan musik dan hambatan guru dalam melaksanakan literasi musik pada kegiatan sosialisasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan tujuh guru di Yayasan Pendidikan Autis Mutiara Hati Kota Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam literasi musik memiliki teknik yaitu bernyanyi, bermain musik, gerak ritmis, dan mendengarkan musik dapat membantu daya konsentrasi anak dan perkembangan motorik siswa. Terdapat hambatan yang dihadapi guru dalam penerapan musik pada kegiatan sosialisasi yaitu mood siswa, fokus siswa, saat siswa tantrum, dan tidak menyukai musik. Diharapkan literasi musik tersebut dapat dijadikan referensi oleh tenaga pendidik lain untuk menerapkan musik saat di sekolah sebagai sarana terapi siswa dan meningkatkan daya konsentrasi siswa. Kata Kunci: Literasi musik, autis, pembelajaran, daya konsentrasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310201007 AFIFAH ZAHRAH RAMADHANI
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:59
Last Modified: 30 Jul 2024 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49463

Actions (login required)

View Item View Item