PENGARUH METODE INKUIRI BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTsN KEPANJEN KIDUL BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017

ANIS NURAVIVA, 2814133012 (2017) PENGARUH METODE INKUIRI BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTsN KEPANJEN KIDUL BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.Pdf.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.Pdf.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.Pdf.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.Pdf.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.Pdf.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.Pdf.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.Pdf.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.Pdf.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.Pdf.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Inkuiri Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Statistika Kelas VIII MTsN Kepanjen Kidul Blitar Tahun Ajaran 2016/2017” yang ditulis oleh Anis Nuraviva, NIM. 2814133012, pembimbing Ibu Ummu Sholihah, M.Si. Kata kunci: metode inkuiri, kontekstual, statistika. Fenomena hasil belajar siswa yang tergolong masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran konvensional yang tidak mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang inovatif. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran inkuiri berbasis kontekstual dengan hasil belajar siswa di MTsN Kepanjen Kidul Blitar tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui apakah ada pengaruh metode inkuiri berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa materi statistika kelas VIII MTsN Kepanjen Kidul Blitar Tahun Ajaran 2016/2017, (2) mengetahui seberapa besar pengaruh metode inkuiri berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa materi statistika kelas VIII MTsN Kepanjen Kidul Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Kepanjen Kidul Blitar yang terdiri sembilan kelas yang berjumah 343 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni VIII-B sebagai kelas eksperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 81 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah; observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis uji-t (t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) ada pengaruh penerapan metode inkuiri berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa materi statistika kelas VIII MTsN Kepanjen Kidul Blitar tahun ajaran 2016/2017, (2) besar pengaruh penerapan metode inkuiri berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa materi statistika kelas VIII MTsN Kepanjen Kidul Blitar tahun ajaran 2016/2017 adalah 0,8253913525 di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s 79% tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133012 ANIS NURAVIVA
Date Deposited: 02 May 2017 06:35
Last Modified: 02 May 2017 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4982

Actions (login required)

View Item View Item