PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS 7 SEMESTER 2 SMP MUALLIMIN WONODADI KABUPATEN BLITAR

DIAN ELIZA AQUARISTA, 126209203112 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS 7 SEMESTER 2 SMP MUALLIMIN WONODADI KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (546kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas 7 Semester 2 SMP Muallimin Wonodadi Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Dian Eliza Aquarista, NIM 126209203112, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmaullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Bagus Setiawan M.Pd,. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Minat Belajar Penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan memperbaiki proses pembelajaran dikelas, baik dalam hal strategi pendekataan, metode pembelajaran, model pembelajaran. Proses pembelajaran dikelas guru menggunakan metode ceramah, diskusi, dan penugasan sehingga guru sebagai pusat pembelajaran yang menyebablam ketertarikan dalam proses belajar dan partisipasi peserta didik masih kurang. Berdasarkan masalah tersebut maka guru akan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yaitu perpaduan antara belajar, bermain dan berkompetisi dalam proses pembelajaran. Keefektifan model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Sehingga adapun beberapa rumusan masalah ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaan Teams Game Tournament TGT terhadap minat belajar IPS pada materi aktivitas kegiatan ekonomi siswa kelas 7 SMP Mualimin Wonodadi Kabupaten Blitar? 2) Berapakah besar pengaruh model pembelajaran Teams Game Tournament TGT terhadap minat belajar IPS pada materi aktivitas kegiatan ekonomi siswa kelas 7 SMP Mualimin Wonodadi Kabupaten Blitar? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis eksprimen, populasi siswa adalah kelas 7 di SMP Muallimin Wonodadi Kabupaten Blitar yang terdiri dari 150 siswa, dengan tehnik Cluster Random Sampling diperoleh 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 60 siswa. Variabel bebas adalah metode Teams Games Tournament (TGT) sedangkan variabel terikat adalah minat belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan lembar angket. Dalam penelitian menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji T dan uji cohen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas 7 SMP Mualimin Kabupaten Blitar berdasarkan uji t-test nilai Sig. 0,030 < 0,05. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar IPS siswa kelas 7 SMP Mualimin Kabupaten Blitar . 2) Besar Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas 7 SMP Mualimin Wonodadi Kabupaten Blitar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Cohen besar pengaruhnya yaitu 0.600 dikategorikan sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209203112 DIAN ELIZA AQUARISTA
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:15
Last Modified: 02 Aug 2024 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49971

Actions (login required)

View Item View Item