QURROTI 'AYUNINA, 12202193033 (2024) تطوير الوسيلة ة ّ التفاعلي على أساس الوحدة اإللكرتونية لرتقية نتيجة تعلّم اللغة ة ّ العربي لطالب املدرسة طة ّ املتوس اإلسالمية الشافعية تولونج أجونج. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (808kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif E-Modul dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang” ditulis oleh Qurroti `Ayunina, NIM.12202193033 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibawah bimbingan Dr. H. Ahmad Nurcholis, S,S. M.Pd. Kata kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif E-Modul. Latar Belakang: Penelitian pengembangan dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya siswa yang kurang menguasai materi التعارف. Salah satu penyebabnya adalah kurang tersedianya media pembelajaran saat proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk menyalurkan informasi yang bersifat intruksional atau mengandung maksud-maksud tertentu. Selain itu media pembelajaran juga bertujuan untuk memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar. Namun selama ini proses pembelajaran oleh guru masih lebih dominan menggunakan metode konvensional. Pada penelitian ini, peneliti menghubungkan masalah ketersediaan media pembelajaran dengan proses pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran untuk mempelajari materi التعارف yaitu multimedia interaktif E-Modul. Fokus dalam penelitian : (1) Bagaimana Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif E-Modul dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang? (2) Bagaimana Uji Validitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif E-Modul dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang? (3) Bagaimana Uji Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif E- Modul dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang? Metode yang digunakan dalam Penelitian : menggunakan pola penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Metodel ADDIE ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap Analysis (analisis), tahap Design (perancangan), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (eksekusi), dan tahap Evaluation (umpan balik). Hasil penelitian ini dikembangkan menjadi E-Modul sebagai bahan ajar mata pelajaran Bahasa Arab materi التعارف. Penyusunan angket yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil validasi kelayakan bahan ajar E-Modul akan dijawab oleh responden yang meliputi ahli materi, ahli media, serta subyek uji coba yang meliputi Siswa kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang, serta melakukan kegiatan penilaian secara wawancara kepada guru pengampu mata pelajaran Bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan skala Likert dengan rentan skor skala empat dan kategori skala penilaian telah ditentukan. Hasil Penelitian : (1) Hasil Pengembangan dari media pembelajaran berbasis multimedia interaktif adalah produk e-modul (2) Hasil uji validitas ahli materi memperoleh hasil sebesar 100% dengan kriteria sangat valid, dapat digunakan tanpa revisi. Hasil uji validitas ahli media memperoleh hasil sebesar 87% dengan kriteria sangat valid, dapat digunakan tanpa revisi. (2) Hasil uji keefektifitas media pembelajaran berbasis multimedia interaktif E-Modul dengan menggunakan angket tanggapan siswa terhadap produk dan tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil angket tanggapan siswa terhadap produk memperoleh hasil persentase sebesar 80% dengan kriteria efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Sedangkan perbandingan rata-rata nilai hasil belajar siswa pre-test dengan post-test adalah 83 ˃ 50. Nilai rata-rata hasil belajar post-test lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar pre-test. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan melalui SPSS dengan menggunakan Independent Samples Test diperoleh signifikansi sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 sehingga hasilnya 0,000 < 0,05. Hasil signifikansi menunjukkan kurang dari 0,05 sehingga hasilnya hipotesis diterima dengan kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif E-Modul efektif sebagai media belajar Bahasa Arab.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 12202193033 QURROTI 'AYUNINA |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 02:06 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 02:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50057 |
Actions (login required)
View Item |