AINUR ROCHMAH, 126304201016 (2024) PESAN DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK : STUDI ANALISIS ISI PADA VIDEO AKUN @Mutiatreza. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
Abstract
Ainur Rochmah(2024), Pesan Dakwah Melalui Media Sosial Tiktok (:Studi Analisis Isi Pada Video Akun @mutiatreza), Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbimbing Dr. Luthfi Ulfa Ni’amah, M. Kom. I Kata kunci : Pesan Dakwah, Analisis Isi, Media Sosial TikTok Menurut dataindonesia.id pengguna media sosial aktif di Indonesia sebanyak 167 juta pada tahun 2023, jumlah tersebut setara dengan 60,4 dari populasi dalam negeri. Jika difokuskan kedalam satu plat from media tiktok data pengguna aplikasi ini berjumlah 106,52 juta orang pada bulan oktober 2023, hal ini diungkapkan karena sudah meningkat 6,74% yang menggunakan plat from tersebut. Dalam hal ini peneliti merumuskan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pesan dakwah pada video akun @mutiatreza, yang didalamnya menjabarkan analisis terkait isi dari pesan-pesan dakwah yang terkandung. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis isi bisa disebut content analysis yang bersifat kualitatif yang mana metode tersebut mengkaji pesan-pesan dalam media atau konten yang akan menghasilkan sebuah kesimpulan dari kandungan isi. Dan dalam beberapa video yang ada pada akun @mutiatreza ini dapat di klasifikasikan menjadi beberapa bagian yakni 3 bagian, Aqidah, Syariah, dan Akhlak. Dalam penentuan video ini telah dibatasi untuk diteliti yaitu dalam kurun waktu dua bulan (Januari-Februari 2024). Hasil analisis dalam penelitian ini dapat diberi kesimpulan bahwa dalam 15 video konten yang diambil ada 5 yang termasuk dalam pesan dakwah Aqidah, 6 termasuk dalam pesan dakwah Syariah, dan 4 termasuk dalam pesan dakwah akhlak, hal ini juga sudah sesuai dengan teori model LassWell yang mana disampaikan oleh komunikan, pesan dakwah, melalui media sosial Tiktok, penerima pesan, efek yang terjadi oleh pengguna atau hanya sekedar mendapatkan ilmu pengetahuan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Komunikasi Islam Manajemen Dakwah Media Sosial Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | 126304201016 AINUR ROCHMAH |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 02:54 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 02:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50075 |
Actions (login required)
View Item |