STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL MENJADI PASAR MODERN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG ( Studi kasus Pasar Pon Kabupaten Trenggalek )

DEVITA JENI NURLAILIA, 126402203178 (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL MENJADI PASAR MODERN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG ( Studi kasus Pasar Pon Kabupaten Trenggalek ). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)

Abstract

Skripsi dengan judul Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Menjadi Pasar Modern Dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang ( Studi kasus Pasar Pon Kabupaten Trenggalek )”, ini ditulis oleh Devita Jeni Nurlailia, NIM 126402203178. Pasar merupakan pusat penggerak perekonomian masyarakat melalui aktivitasnya yaitu jual – beli. Pasar merupakan tempat masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari – hari. Pada sekarang ini, pasar tradisional sudah tidak banyak diminati konsumen karena semakin banyak berkembang pasar modern maupun pasar digital. Hal ini menimbulkan keresahan pada kalangan pedagang pasar tradisional. Penelitian ini dilatar belakangi oleh komitmen Pengelola Pasar Pon Kabupaten Trenggalek dan Pemeritah Kabupaten Trenggalek untuk menghidupkan kembali Pasar Pon Kabupaten Trenggalek yang merupakan pasar tradisional yang bertranformasi menjadi pasar modern melalui strategi pengembangan untuk mewujudkan kepuasan pedagang. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana perencanaan strategi pengembangan pasar tradisional menjadi pasar modern dalam meningkatkan kepuasan pedagang, 2) bagaimana pelaksanaan strategi pengembangan pasar tradisional menjadi pasar modern untuk meningkatkan kepuasan pedagang, dan 3) bagaimana evaluasi strategi pengembangan pasar tradisional menjadi pasar modern untuk meningkatkan kepuasan pedagang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam, observasi secara langsung, dan pencatatan dokumen. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah perencanaan strategi pengembangan pasar tradisional menjadi pasar modern dalam meningkatkan kepuasan pedagang di pasar pon Kabupaten Trenggalek melalui beberapa langkah nyata yaitu visi, tujuan, strategi dan kebijakan.Visi yang dilakukan adalah melakukan tranformasi pasar dari pasar tradisioal menjadi pasar modern tanpa menghilangkan kebiasaan adat melalui strategi pengenalan teknologi modern dan ditunjang oleh kebijakan pemerintah yang memberikan keleluasaan dalam berinovasi untuk mencapai tujuan kepuasn para pedagang. Pelaksanaan yang dijalankan berupa program, anggaran, dan prosesur yang disesuaikan dengan kebutuhan para pedagang dalam upaya memperoleh kepuasan. Serta tahap evaluasi yang mengutamakan aspirasi dan kebutuhan pedagang melalui faktor efektivitas, kecukupan, dan responsibilitas terhadap pengelola pasar. Kata kunci : Strategi pengembangan, pasar tradisional dan modern, kepuasan pedagang

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pasar
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402203178 DEVITA JENI NURLAILIA
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:32
Last Modified: 06 Aug 2024 04:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50223

Actions (login required)

View Item View Item