DIGITALISASI DAKWAH ISLAM : GAYA KOMUNIKASI RIA RICIS SEBAGAI KONTEN KREATOR ISLAM MELALUI TIKTOK

NENY NURCAHYATI, 126311202043 (2024) DIGITALISASI DAKWAH ISLAM : GAYA KOMUNIKASI RIA RICIS SEBAGAI KONTEN KREATOR ISLAM MELALUI TIKTOK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Digitalisasi Dakwah Islam : Gaya Komunikasi Ria Ricis Sebagai Konten Kreator Islam Melalui Tiktok” ini ditulis oleh Neny Nurcahyati, NIM. 126311202043, Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Bobby Rachaman Santoso M.SI Kata Kunci: : Dakwah, komunikasi, tiktok Ria Ricis sebagai kreator muda islami di tiktok dengan cara dia berbaur dengan berbagai macam orang dari lawan jenis, hingga non muslim untuk mengajaknya dalam suatu kebaikan. Ria Ricis dikenal sebagai wanita yang pemberani, cerdik, ceria dan berwibawa serta mengerti akan toleransi, saling menghargai orang lain, bisa bergaul dengan berbagai macam orang dengan karakteristik yang berbeda-beda. Walaupun sering berintraksi dengan lawan jenis dan juga non muslim sebagai sahabatnya dan team Ricis tetapi Ria Ricis tetap menjaga nama baiknya dan agamanya dengan tatap berpakaian muslimah dan tetap istiqomah dalam mengenakan hijabnya bahkan dengan berenang ricis tetap memakai jilbab dan memberi contoh yang baik serta Ricis sering berbagi rezeki kepada banyak orang. Dari penelitian terdahulu yang ditemukan belum ada yang membahas secara spesifik mengenai Digitalisasi Dakwah Islam : Gaya Komunikasi Ria Ricis Sebagai Konten Kreator Islam Melalui Tiktok Salah satu bagian dari tokoh entertainment yaitu Ria Ricis yang akan digunakan subjek dalam penelitian ini. Sehingga nantinya, penelitian ini diharapkan menjadi kajian rujukan dalam membangun iklim akademisi yang komprehensif terutama mengenai dakwah islam melalui tiktok. Penelitian ini kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sumber primer dalam penelitian ini yaitu akun tiktok Ria Ricis, partisipan dan komentator pada akun tiktok Ria Ricis. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini yaitu channel youtobe Ria Ricis, channel youtobe yang membahas Ria Ricis, serta berbagai media sosial yang membahsa tentangnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi (library research). Penelitian ini termasuk library research. Untuk menggali data mengenai dakwah Ria Ricis di Tiktok, peneliti memfokuskan pada akun tiktok @RIARICIS. Penentuan akun ini berdasarkan pertimbangan bahwa akun tiktok Ria Ricis ini memuat konten-konten Ria Ricis. Selain itu akun Tiktoknya ditonton orang berjuta-juta orang dari berbagai kalangan penggemar Ria Ricis. Sumber primer dalam penelitian ini adalah chanel youtube Ria Ricis @RICISOFISIAL, Instagram Ria Ricis @RIARICIS179, akun Tiktok Ria Ricis @RIARICIS, Netizen yang memberikan respons terhadap conten Ria Ricis pada chanel tersebut, beberapa chanel yang informatif tentang Ria Ricis. Sumber data sekunder (Secondary Resources) merupakan data tambahan yang dihasilkan dari literatur, buku, dan yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti. 1 Maka, dalam penelitian ini yang menjadi sumber sekunder yaitu: pemerhati dan penggemar Ria Ricis secara langsung (Oki Setiana Dewi, Dr Shindy, Dewi Hajar, Silfia Rizki Anisa, Monica Ade Lestari, dan lainnya), beberapa channel Youtube yang mengunggah tentang Ria Ricis, akun tiktok, instagram, facebook, youtobe, twiter dll yang membahas tentang Ria Ricis, hasil penelitian yang pernah dilakukan peneliti terdahulu, buku-buku yang memuat tema pada penelitian, serta literatur-literatur yang berkaitan dengan pembahasan untuk membantu penelitian ini agar jelas dan terperinci. Tiktok kebanyakan bukan untuk berdakwah kebanyakan untuk hiburan semata, bahkan berbaur dengan syahwat atau purno, namun dengan hadirnya Ria Ricis sebagai tiktokers muslimah yang berperilaku baik, sehingga Ria Ricis sebagai muslimah dengan perilaku dakwahnya, menarik untuk diteliti dalam penelitian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: 126311202043 NENY NURCAHYATI
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:54
Last Modified: 26 Aug 2024 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50267

Actions (login required)

View Item View Item