NISWATUL HASANAH, 126203202170 (2024) THE EFFECTIVENESS OF USING CANVA APPLICATION TOWARD STUDENTS’ WRITING SKILL IN PROCEDURE TEXT AT TENTH GRADE OF SMAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (148kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Hasanah, Niswatul. NIM. 126203202170. 2024. The Effectiveness of using Canva application toward students’ writing skill in procedure text at tenth grade of SMAN 1 Tulungagung Skripsi. Fakultas Pendidikan dan Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.Penasihat. Prof. Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata Kunci: menulis, teks prosedur, aplikasi Canva. Di sekolah Menengah atas Siswa hendaknya mengetahui beberapa jenis penulisan, salah satunya menulis teks prosedur. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menulis teks prosedur adalah Canva, karena Canva merupakan aplikasi berbasis online yang menyediakan desain menarik berupa template, fitur dan kategori yang disediakan didalamnya proses pembelajaran tidak membosankan. Rumusan masalah penelitian pada penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan aplikasi Canva dan yang tidak menggunakan aplikasi Canva terhadap keterampilan menulis siswa pada teks prosedur di kelas X SMAN 1 Tulungagung?”. Sementara itu, tujuan dari penelitian ini adalah "Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis siswa kelas sepuluh di SMAN 1 Tulungagung dengan menggunakan dan tanpa diajar menggunakanaplikasi Canva." Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan two pretest-posttest group dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasinya adalah kelas X yang berjumlah 302 siswa di SMAN 1 Tulungagung dengan sampel kelas X1 dan X2 yang berjumlah 72 siswa dan pengambilan sampelpenelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitiannya adalah tes. Tes menulis. Penelitian ini menganalisis data dengan menggunakan uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Canva dapat efektif dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas X di SMAN 1 Tulungagung. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa sebelum diajar dengan metode adalah 47.61 sedangkan setelah diajar dengan metode adalah 52.16, ditemukan sig 0,001 < 0,05. Oleh karena itu, hipotesis nol ditolak dan alternatif diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam menulis teks prosedur siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media Canva di kelas X SMAN 1 Tulungagung. Karena penelitian ini masih banyak keterbatasan harapannya bagi peneliti selanjutnya agar menggunakan Aplikasi Canva tidak hanya dalam menulis saja, namun dapat juga digunakan dalam keterampilan berbahasa lainnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | 126203202170 NISWATUL HASANAH |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 03:07 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 03:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50377 |
Actions (login required)
View Item |