ASQINA SALSABELA, 126202202068 (2024) استخدام وسيلة كنفا (canva) في تعليم المفردات لطلاب الصف التاسع في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية الخامسة مالانج للعام الدّراسي 2023/2024. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (690kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (534kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan media canva dalam pembelajaran mufrodat di MTsN 5 Malang” ditulis oleh Asqina Salsabela, NIM 126202202068, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri SayyidAli Ramatullah Tulungagung yang dibimbing oleh: Dr. Nuryani, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Media Canva, Pembelajaran Mufrodat Pembelajaran Mufrodat merupakan dasar dari pembelajaran Bahasa Arab yang mana mempunyai peranan penting dalam peningkatan maharoh kalam dan kitabah. Dalam pengembangan pembelajaran Bahasa arab perlu menggunakan media atau metode yang efektif dan efisien agar bisa difahami dengan baik sama halnya dengan media Canva. Dalam media ini membutuhkan keahlian khusus dalam penggunaannya agar dapat mendesain media dengan baik, sehingga tampilannya dapat menumbuhkan minat belajar siswa dan siswa dapat belajar dengan mudah. Mengingat pentingnya pembelajaran Mufrodat dalam pembelajaran Bahasa Arab, maka peneliti mendapatkan dorongan untuk melakukan penelitian guna mengetahui perkembangan pembelajaran mufrodat dengan memanfaatkan media canva. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran menggunakan Media Canva di MTsN 5 Malang? 2) Bagaimana penggunaan Media Canva dalam pembelajarn Mufrodat di MTsN 5 Malang? 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran menggunakan media Canva dalam pembelajaran Mufrodat? Metode Penelitian: Pendekatan Penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan 3 Metode pengumpulan data diantaranya: Wawancara, Observasi, Dokumentasi, metode analisis data yang digunakan diantaranya: Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Dan Pengecekan Keabsahan Data, untuk pemeriksaan dan keabsahan serta kebenaran data pada penelitian ini mengacu pada: Melakukan triangulasi sumber, Teknik dan waktu. Hasil Penelitian: (1) Perencanaan Penggunaan Media Canva dalam Pembelajaran Mufrodat di MTsN 5 Malang: a. guru mempelajari silabus, membuat rencana Pelaksanaan pembelajaran dan menyiapkan materi yang akan disampaikan, b. guru memilih media yang tepat untuk pembelajaran Bahasa Arab, c. sebelum menggunakan media Canva guru harus mengetahui karakteristik media. (2) Pelaksanaan penggunaan media Canva dalam pembelajaran Mufrodat di MTsN 5 Malang: a. dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan mufrodat menggunakan media canva mempunyai tiga tahapan: tahap pendahuluan, tahap inti dan tahap penutup, b. guru mempunyai peranan dalam pembelajaran diantaranya pengelolaan kelas kondisi siswa maupun ruangan yang akan digunakan. (3) Evaluasi penggunaan Media Canva dalam pembelajaran Mufrodat di MTsN 5 Malang ada dua tahap evaluasi: Evaluasi berupa tes tulis dan tes lisan, tes lisan dengan menebak gambar menggunakan media canva dan tes tulis menulis semua mufrodat yang telah disampaikan tanpa melihat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 126202202068 ASQINA SALSABELA |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 06:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 06:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50599 |
Actions (login required)
View Item |