PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PENGUASAAN HAFALAN DAN HASIL BELAJAR MUFRODAT BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

ALIVIYAFA SABILATUS SYARIFAH, 126205202081 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PENGUASAAN HAFALAN DAN HASIL BELAJAR MUFRODAT BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (444kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Syarifah, Aliviyafa Sabilatus. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Penguasaan Hafalan dan Hasil Belajar Mufrodat Bahasa Arab Peserta Didik Kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak peserta didik yang menganggap bahwa bahasa Arab itu sulit dan pembelajaran konvensional menyebabkan peserta didik merasa bosan mengikuti proses belajar mengajar. Peserta didik banyak yang berbicara sendiri dan juga tidak memperhatikan pembelajaran. Sehingga dampak dari hal tersebut peserta didik tidak adapat menghafalkan mufrodat dengan baik dan hasil belajar yang kurang memuaskan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap penguasaan hafalan mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (2) Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (3) Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap penguasaan hafalan dan hasil belajar mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap penguasaan hafalan mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran teams games tournament terhadap penguasaan hafalan dan hasil belajar mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji normalitas, Uji Homogenitas, Uji-t, dan Uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap penguasaan hafalan mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Hal tersebut dilihat dari nilai sig. Yang diperoleh lebih besar dari taraf signifikansi 5% yaitu 0,001 < 0,05. (2) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Hal tersebut dilihat dari nilai sig. Yang diperoleh lebih besar dari taraf signifikansi 5% yaitu 0,047 < 0,05. (3) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap penguasaan hafalan dan hasil belajar mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Hal tersebut dilihat dari nilai sig. Yang diperoleh lebih besar dari taraf signifikansi 5% yaitu 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202081 ALIVIYAFA SABILATUS SYARIFAH
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:46
Last Modified: 13 Aug 2024 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50747

Actions (login required)

View Item View Item