ALIVIYAFA SABILATUS SYARIFAH, 126205202081 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PENGUASAAN HAFALAN DAN HASIL BELAJAR MUFRODAT BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (444kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (590kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (439kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Syarifah, Aliviyafa Sabilatus. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Penguasaan Hafalan dan Hasil Belajar Mufrodat Bahasa Arab Peserta Didik Kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak peserta didik yang menganggap bahwa bahasa Arab itu sulit dan pembelajaran konvensional menyebabkan peserta didik merasa bosan mengikuti proses belajar mengajar. Peserta didik banyak yang berbicara sendiri dan juga tidak memperhatikan pembelajaran. Sehingga dampak dari hal tersebut peserta didik tidak adapat menghafalkan mufrodat dengan baik dan hasil belajar yang kurang memuaskan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap penguasaan hafalan mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (2) Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (3) Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap penguasaan hafalan dan hasil belajar mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap penguasaan hafalan mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran teams games tournament terhadap penguasaan hafalan dan hasil belajar mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji normalitas, Uji Homogenitas, Uji-t, dan Uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap penguasaan hafalan mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Hal tersebut dilihat dari nilai sig. Yang diperoleh lebih besar dari taraf signifikansi 5% yaitu 0,001 < 0,05. (2) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Hal tersebut dilihat dari nilai sig. Yang diperoleh lebih besar dari taraf signifikansi 5% yaitu 0,047 < 0,05. (3) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap penguasaan hafalan dan hasil belajar mufrodat bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Hal tersebut dilihat dari nilai sig. Yang diperoleh lebih besar dari taraf signifikansi 5% yaitu 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202081 ALIVIYAFA SABILATUS SYARIFAH |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 08:46 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 08:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50747 |
Actions (login required)
View Item |