PROFIL PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIS DI SMK-IT NURUL FIKRI KELAS X TRENGGALEK

YUSMADYZA RIFQIZAIN SALSABILA, 12204193182 (2024) PROFIL PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIS DI SMK-IT NURUL FIKRI KELAS X TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (684kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Profil Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Ditinjau dari Kecemasan Matematis di SMK-IT Nurul Fikri Kelas X Trenggalek ditulis oleh Yusmadyza Rifqizain Salsabila, NIM. 12204193182, pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Penalaran Matematis, Penyelesaian Masalah, Open Ended, Kecemasan Matematis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Siswa masih merasa kesulitan dalam memahami informasi dari masalah matematika, memberikan alasan yang tepat serta menarik kesimpulan dari pernyataan matematika. Padahal penalaran matematis merupakan kemampuan penting yang perlu dikuasai siswa dalam menyelesaikan masalah matematika terutama masalah open ended. Salah satu faktor yang mempengaruhi penalaran matematis siswa adalah kecemasan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended SPLTV ditinjau dari kecemasan matematis tinggi, (2) mendeskripsikan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended SPLTV ditinjau dari kecemasan matematis sedang, dan (3) mendeskripsikan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended SPLTV ditinjau dari kecemasan matematis rendah. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa dengan kecemasan matematis tinggi, 2 siswa dengan kecemasan matematis sedang, dan 2 siswa dengan kecemasan matematis rendah. Teknik pengumpulan data berupa angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini adalah (1) Penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended dengan kecemasan matematis tinggi kurang mampu memenuhi semua indikator, yakni mengajukan dugaan, manipulasi matematis, menyusun bukti dan memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, menarik kesimpulan, serta memeriksa keshahihan suatu argumen, (2) Penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended dengan kecemasan matematis sedang mampu memenuhi kurang lebih tiga indikator, yakni mengajukan dugaan, menyusun bukti dan memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, serta menarik kesimpulan, dan (3) Penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended dengan kecemasan matematis rendah mampu memenuhi semua indikator penalaran matematis di penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193182 YUSMADYZA RIFQIZAIN SALSABILA
Date Deposited: 14 Aug 2024 06:23
Last Modified: 14 Aug 2024 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50938

Actions (login required)

View Item View Item