EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN ASPEK KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 NGANTRU TULUNGAGUNG

ADE ASLAMA, 126209202048 (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN ASPEK KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (505kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Penerapan Metode Tanya Jawab untuk meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Ngantru” disusun oleh Ade Aslama, NIM.126209202048, pembimbing Anggoro Putranto, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci : Metode Tanya Jawab, Keaktifan, Hasil Belajar Skripsi ini dilatarbelakangi dengan ditemukan beberapa permasalahan. Salah satunya adalah minimnya inovasi dari guru dalam menyampaikan materi pembelajaran IPS. Saat pembelajaran IPS berlangsung, guru hanya menggunaka n metode ceramah yang kurang efektif. Hal ini membuat beberapa siswa merasa bosan dan mengantuk. Oleh karena itu, guru perlu melakukan beberapa upaya agar pembelajaran menjadi lebih baik, Selain menyampaikan materi, guru juga harus memilih metode pembelajaran yang dianggap paling optimal. Terlebih lagi, hasil belajar kognitif juga sangat penting bagi siswa. Untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa di kelas, seorang guru harus memilih metode yang tepat selama proses pembelajaran berlangsung. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimana efektivitas penerapan metode tanya jawab terhadap peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Ngantru? (2) Bagaimana efektivitas penerapan metode tanya jawab terhadap peningkatan hsil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Ngantru? (3) Bagaimana hubungan penerapan metode tanya jawab dengan keaktifan sswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Ngantru?. Adapun tujuan dari penelitia ini yaitu (1) efektivitas penerapan metode tanya jawab terhadap peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2023/2024 (2) efektivitas penerapan metode tanya jawab terhadap peningkatan hsil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Ngantru tahun ajaran 2023/2024 (3) hubungan penerapan metode tanya jawab dengan keaktifan sswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Ngantru tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol diawali diberikan pree-test dan post-test dengan metode konvensional. Sedangkan kelas eksperimen diberikan pree-test dan post-test dengan metode Tanya jawab. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengggunakan tes, pemberian angket dan dokumentasi. Berdasarkan pada hasil angket kelas kontrol dan kelas eksperimen lebih besar dari 0,05 (0,077 > 0,05 dan 0,169 > 0,05). Maka dapat disimpulkan dari data tersebut adalah keaktifan siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen bersifat homogen untuk variabel penerapan metode tanya jawab terhadap keaktifan siswa. Sedangakan pada nilain koefisian pada hasil belajar siswa diperoleh diketahui nilai koefisien dalam penelitian ini, digunakan uji T. Diketahui nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) ini berarti terdapat pengaruh yang erat antara metode tanya jawa terhadap kekaktifan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202048 ADE ASLAMA
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:00
Last Modified: 21 Aug 2024 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51126

Actions (login required)

View Item View Item