PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DENGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL HUDA DAWUHAN TRENGGALEK

NISFU LAILATUL MASRUROH, 2817133126 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DENGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL HUDA DAWUHAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (310kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul: Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tousnament dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek, di tulis oleh Nisfu Lailatul Masruroh, NIM: 2817133126, pembimbing oleh Dr. Anin Nurhayati, M.Pd.I. Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Tipe Teams games Tournament (TGT), Media Flash Card, Motivasi Belajar, Bahasa arab. Salah satu indikator rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab ini adalah kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa proses pembelajaran yang diterapkan guru masih menganut paradigma lama. Yaitu sering menerapkan metode atau model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga tidak menutup kemungkinan hasil belajar peserta didik terkesan rendah. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams games Tournament (TGT) dengan Media Flash Card untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa arab pokok bahasan macam-macam profesi peserta didik kelas IV MI Nurul Huda dawuhan Trenggalek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan kerjasama antar kelompok dalam belajar Bahasa Arab materi Macam-Macam Profesi melalui penerapan model cooperative learning tipe teams games tournaments (TGT) dengan media Flash Card pada peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek? (2) Bagaimana peningkatan motivasi dalam belajar Bahasa Arab materi Macam-Macam Profesi melalui penerapan model cooperative learning tipe teams games tournaments (TGT) dengan media Flash Card pada peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan peningkatan kerjasama antar kelompok dalam belajar Bahasa Arab materi Macam macam Profesi melalui penerapan model cooperative learning tipe teams games tournaments (TGT) dengan media Flash Card pada peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek. (2) Untuk memaparkan peningkatan motivasi dalam belajar Bahasa Arab materi Macam-macam Profesi melalui penerapan model cooperative learning tipe teams games tournaments (TGT) dengan media Flash Card pada peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV MI Nuruh Huda Dawuhan Trenggalek dengan jumlah 24 anak. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dokumentasi dan angket. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75 % dari tujuan yang seharusnya dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa arab menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams games Tournament (TGT) dengan media Flash card dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik materi macam-macam profesi. Hal ini di tunjukkan dengan persentase motivasi belajar peserta didik sebesar 58,51 % pada siklus 1 dan meningkat menjadi 88,00 % pada siklus 2. Selain itu, peningkatan motivasi belajar dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 54,26 % pada siklus 1 dan meningkat menjadi 87,5 % pada siklus II. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Gaames Tournament (TGT) dengan media flash card dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Dawuhan Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133126 NISFU LAILATUL MASRUROH
Date Deposited: 30 May 2017 06:22
Last Modified: 30 May 2017 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item View Item