PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PERILAKU PEDAGANG SEMBAKO DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus di Pasar Tradisional Sambi Kabupaten Kediri)

RISMA RIZKIAN AMALIA, 126402202153 (2024) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PERILAKU PEDAGANG SEMBAKO DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus di Pasar Tradisional Sambi Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Etika Bisnis Islam pada Perilaku Pedagang Sembako dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen” (Studi Kasus di Pasar Tradisional Sambi Kabupaten Kediri) ini ditulis oleh Risma Rizkian Amalia, NIM. 126402202153, pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Setiap pelaku usaha harus selalu mengerti serta memahami apa yang terjadi di pasar dan apa yang menjadi keinginan konsumen. Tujuan dari suatu bisnis adalah menciptakan kepuasan terhadap konsumen. Ketika konsumen percaya dan merasa puas, maka akan menciptakan dasar yang baik untuk pembelian sehingga dapat menguntungkan para pelaku bisnis tersebut. Dalam berbisnis juga dibutuhkan sebuah etika agar tercipta kepercayaan antara penjual dan pembeli, dan pengetahuan akan etika ini harus dimiliki oleh setiap individu yang melakukan kegiatan ekonomi baik itu seorang pebisnis maupun pedagang. Adapun fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana perilaku pedagang sembako dalam melakukan kegiatan jual beli di Pasar Tradisional Sambi Kabupaten Kediri? (2) Bagaimana penerapan etika bisnis Islam pada perilaku pedagang sembako di Pasar Tradisional Sambi Kabupaten Kediri? (3) Bagaimana dampak penerapan etika bisnis Islam pada perilaku pedagang sembako di Pasar Tradisional Sambi dalam meningkatkan kepuasan konsumen?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam serta dampaknya dalam transaksi jual beli pada pedagang sembako di Pasar Tradisional Sambi Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Data yang digunakan di dalam penelitian ini yakni data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dapat disimpulkan bahwa secara mendasar perilaku para pedagang sembako selalu setulus hati dalam melayani konsumen dan selalu mengutamakan kejujuran. 2) Para pedagang sembako di Pasar Tradisional Sambi Kabupaten Kediri sudah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam aktivitas usahanya. 3) Dampak dari penerapan etika bisnis Islam pada perilaku pedagang yaitu mampu memajukan usaha dagang yang telah dijalankannya. Pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen dan hal ini tentunya berpengaruh terhadap pendapatan para pedagang sembako di Pasar Tradisional Sambi Kabupaten Kediri. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang, Kepuasan Konsumen

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Etika Bisnis
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402202153 RISMA RIZKIAN AMALIA
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:11
Last Modified: 26 Aug 2024 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51619

Actions (login required)

View Item View Item