Rahayu Nisitasari, 2824133103 (2017) PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN (CONSUMER KNOWLEDGE) DAN MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA ASURANSI PRUDENTIAL SYARIAH CABANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (621kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (282kB) |
||
Text
Bab 6.pdf Download (94kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (188kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Konsumen (Consumer Knowledge) Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Asuransi Prudential Syariah Cabang Tulungagung” ini ditulis oleh Rahayu Nisitasari, NIM. 2824133103, pembimbing Nur Aziz Muslim, M.HI. Asuransi syariah merupakan bisnis yang mempunyai peluang sangat tinggi di Indonesia, namun pada dasarnya masyarakat belum banyak yang mengetahui tentang asuransi syariah. Maka Asuransi Prudential Syarah Cabang Tulungagung dituntut untuk lebih memperhatikan perilaku konsumen. Memahami perilaku konsumen, serta mengenal pelanggan merupakan tugas yang penting bagi sebuah perusahaan, jadi perusahaan haruslah memiliki strategi yang baik. Banyak faktor dari perilaku konsumen yang dapat berpengaruh dalam pengambilan keputusan salah satunya adalah faktor psikologis. Faktor psikologis merupakan sisi kejiwaan yang ada dalam dari seseorang yang dapat mempengaruhi perilaku dalam pengambilan keputusan. Faktor psikologis diantaranya yaitu pengetahuan konsumen dan motivasi konsumen. Oleh karena itu, penelitan ini mengangkat permasalahan tentang pengetahuan dan motivasi yang dimiliki konsumen dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan konsumen (Consumer Knowledge) dan motivasi konsumen terhadap keputusan menjadi nasabah pada Asuransi Prudential Syariah Cabang Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Dengan menggunakan populasi nasabah Asuransi Prudential Syariah yang berjumlah 658 nasabah. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 87 responden. Tahap selanjutnya, data kuesioner dianalisis dengan regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan konsumen (Consumer Knowledge) secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah, sedangkan variabel motivasi konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Kemudian secara simultan dapat diketahui bahwa variabel pengetahuan konsumen (Consumer Knowledge) dan motivasi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah pada Asuransi Prudential Syariah Cabang Tulungagung. Kata Kunci : pengetahuan konsumen (Consumer Knowledge), motivasi konsumen, dan keputusan nasabah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 2824133103 Rahayu Nisitasari |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 04:19 |
Last Modified: | 08 Jun 2017 04:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5178 |
Actions (login required)
View Item |