PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (Guided Inquiry) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

NISFATUL AWALIYAH, 126208202065 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (Guided Inquiry) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (576kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMPN 1 Ngunut Tulungagung” di tulis oleh Nisfatul Awaliyah, NIM 126208202065, Pembimbing Arbaul Fauziah, M.Si. Kata Kunci : Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Pernapasan Manusia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa di SMPN 1 Ngunut Tulungagung yang tergolong rendah. Hal ini dipengaruhi oleh siswa yang kurang antusias dan berperan aktif dalam mengikuti mata pelajaran biologi karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional serta fasilitas disekolah yang kurang mendukung. Akibatnya berdampak pada hasil belajar siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sekolah. Saat proses pembelajaran belum banyak siswa yang bertanya dan mengemukakan pendapatnya sehingga menunjukkan bahwa keaktifan siswa masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain preetest posttest control design. Pada penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing dan dua variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling pada kelas VIII A sebagai kelas eksperimen diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pada kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Data dalam penelitian ini berupa data preetest posttest kemampuan berpikir kritis dan data preetest potstest hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan uji instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji analisis prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji mann-whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) berpengaruh positif secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Dibuktikan dengan nilai Sig.(2-tailed) kemampuan berpikir kritis sebesar 0,000 < 0,05, sehingga HO ditolak dan Ha diterima. (2) Model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Dibuktikan dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga HO ditolak dan Ha diterima. (3) Model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) berpengaruh positif secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Dibuktikan dengan nilai Sig.(2-tailed) kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sebesar 0,000 < 0,05, sehingga HO ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208202065 NISFATUL AWALIYAH
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:16
Last Modified: 28 Aug 2024 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51819

Actions (login required)

View Item View Item