ANALISIS KORELASI PENGETAHUAN METAKOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMAN 1 REJOTANGAN

ZULFI ERIKA DAMAYANTI, 126212202079 (2024) ANALISIS KORELASI PENGETAHUAN METAKOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMAN 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER_.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pengetahuan metakognitif pada setiap siswa berbeda-beda dan akan mempengaruhi minat belajar siswa. Karena mereka memiliki cara atau metode untuk bisa menguasai materi dan menyelesaikan masalah yang diberikan. Peneliti dalam hal ini mencoba mencari korelasi pengetahuan metakognitif dan minat belajar siswa kelas XI materi hidrolisis garam di SMAN 1 Rejotangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil belajar pengetahuan metakognitif dan minat belajar secara deskriptif dan menganalisis korelasi pengetahuan metakognitif dengan minat belajar siswa kelas XI materi hidrolisis garam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek dalam penelitian menggunakan dua kelas XI MIPA SMAN 1 Rejotangan. Instrumen penelitian yang digunakan tes pengetahuan metakognitif yang dikembangkan oleh Rompayom dan angket untuk mengukur minat belajar pada siswa. Soal pengetahuan metakognitif sesuai hasil validasi sebanyak 16 soal sedangkan angket minat belajar sebanyak18 pernyataan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan teknik tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensia. Hasil analisis data menunjukkan persentase pengetahuan metakognitif sebesar 60% pada kategori baik dan persentase minat belajar sebesar 68% pada kategori baik. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan metakognitif dan minat belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Rejotangan materi hidrolisis garam dengan nilai kefisien korelasi (r) sebesar 0.498 dengan kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Hidrolisis
Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202079 ZULFI ERIKA DAMAYANTI
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:32
Last Modified: 29 Aug 2024 01:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51902

Actions (login required)

View Item View Item