ZULFI ERIKA DAMAYANTI, 126212202079 (2024) ANALISIS KORELASI PENGETAHUAN METAKOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMAN 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER_.pdf Download (786kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (579kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (446kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan pengetahuan metakognitif pada setiap siswa berbeda-beda dan akan mempengaruhi minat belajar siswa. Karena mereka memiliki cara atau metode untuk bisa menguasai materi dan menyelesaikan masalah yang diberikan. Peneliti dalam hal ini mencoba mencari korelasi pengetahuan metakognitif dan minat belajar siswa kelas XI materi hidrolisis garam di SMAN 1 Rejotangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil belajar pengetahuan metakognitif dan minat belajar secara deskriptif dan menganalisis korelasi pengetahuan metakognitif dengan minat belajar siswa kelas XI materi hidrolisis garam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek dalam penelitian menggunakan dua kelas XI MIPA SMAN 1 Rejotangan. Instrumen penelitian yang digunakan tes pengetahuan metakognitif yang dikembangkan oleh Rompayom dan angket untuk mengukur minat belajar pada siswa. Soal pengetahuan metakognitif sesuai hasil validasi sebanyak 16 soal sedangkan angket minat belajar sebanyak18 pernyataan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan teknik tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensia. Hasil analisis data menunjukkan persentase pengetahuan metakognitif sebesar 60% pada kategori baik dan persentase minat belajar sebesar 68% pada kategori baik. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan metakognitif dan minat belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Rejotangan materi hidrolisis garam dengan nilai kefisien korelasi (r) sebesar 0.498 dengan kategori sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia > Hidrolisis Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 126212202079 ZULFI ERIKA DAMAYANTI |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:32 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 01:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51902 |
Actions (login required)
View Item |