PENGEMBANGAN INSTRUMEN CEKLIS UNTUK PENILAIAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI RA HALIMAH ASSA’DIYAH BUNTARAN

ARINA MANA SIKANA, 12206193088 (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN CEKLIS UNTUK PENILAIAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI RA HALIMAH ASSA’DIYAH BUNTARAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (793kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sikana, Arina Mana. 2024. Pengembangan Instrumen Ceklis untuk Penilaian Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Halimah Assa’diyah Buntaran. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Uswatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Instrumen Penilaian Ceklis, Sosial Emosional, Anak Usia Dini Penelitian ini dilakukan karena adanya keluhan dari guru terhadap instrumen penilaian yang masih kurang efektif, sehingga mengakibatkan pengukuran perkembangan anak terhadap perkembangan sosial emosional juga belum optimal. Sehingga, dipandang perlu untuk mengembangkan instrumen untuk mengukur perkembangan sosial emosional anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan instrumen ceklis dalam penilaian sosial emosional Anak Usia Dini di RA Halimah Assa’diyah Buntaran, (2) Untuk mengetahui hasil penilaian sosial emosional Anak Usia Dini di RA Halimah Assa’diyah Buntaran menggunakan instrumen ceklis yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan memakai model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Prosedur pengembangan menggunakan 6 langkah penelitian, yaitu : 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, serta untuk analisis data menggunakan beberapa teknik yaitu analisis data tingkat kevalidan produk dan analisis data uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) instrumen ceklis dalam penilaian sosial emosional pada anak usia dini di RA Halimah Assa’diyah Buntaran dikembangkan mengunakan model pengembangan ADDIE Branch. Produk ini telah di uji validitas melalui penilaian validator yakni ahli desain dan konten penilaian. Pengembangan instrument ceklis dalam penilaian sosial emosional pada anak usia dini layak digunakan dengan revisi sesuai saran. 2) Hasil analisis validasi ahli desain memperoleh persentase 71,66% dan dikategorikan valid ditinjau dari aspek efisiensi desain, keakuratan desain, estetika dan ketahanan desain. Sedangkan Hasil analisis validasi ahli konten penilaian memperoleh persentase 62,5% dan dikategorikan cukup valid ditinjau dari aspek konstruksi, aspek isi dan aspek penggunaan bahasa dan penulisan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193088 ARINA MANA SIKANA
Date Deposited: 21 Sep 2024 03:37
Last Modified: 21 Sep 2024 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51921

Actions (login required)

View Item View Item