RATNA DWI PAWESTRI, 126205202163 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN SUSUN CERITA UNTUK CAPAIAN PEMBELAJARAN MENYIMAK DAN MEMBACA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SDIT AL-ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (62kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (221kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (92kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Ratna Dwi Pawestri, 2024, Pengembangan Media Papan Susun Cerita Untuk Capaian Pembelajaran Menyimak dan Membaca Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SDIT Al-Asror Ringinpitu. Skripsi, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Uswatun Hasanah, S.Pd.I, M.Pd Kata Kunci: Media Pembelajaran, Menyimak, Membaca, Bahasa Indonesia Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya pengembangan media yang diterapkan untuk capaian pembelajaran menyimak dan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. Sehingga perlu adanya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran agar dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Salah satu contoh dalam mengembangkan media pembelajaran untuk capaian pembelajaran menyimak dan membaca yaitu papan susun cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui desain pengembangan media papan susun cerita untuk capaian pembelajaran menyimak dan membaca untuk kelas 1 SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung, 2) mengetahui kelayakan penggunaan media papan susun cerita untuk capaian pembelajaran menyimak dan membaca untuk kelas 1 SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung, 3) mengetahui respon peserta didik kelas 1A di SDIT Al – Asror Ringinpitu Tulungagung terhadap media papan susun cerita. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) yang memiliki beberapa tahap, diantaranya analisis (Analysis), perencanaan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Instrumen pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket dan juga dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sebagaia berikut: 1) Media pembelajaran dikembangkan berrdasarkan analisis potensi dan masalah dari hasil wawancara dengan guru wali kelas I dan observasi di SDIT Al-Asror dismpulkan bahwa media pembelajaran dapat menunjang proses pembelajaran. 2) Media pembelajaran di validasikan terhadap ahli media dan pembelajaran memperoleh skor sebesar 115 dengan presentase sebesar 92% yang termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Kemudian divalidasikan ke ahli materi memperoleh hasil skor sebesar 52 dengan presentase sebesar 87% dengan kriteria “sangat layak. 3) Sedangkan hasil dari respon peserta didik memperoleh skor sebesar 2243 dengan presentase sebesar 93% yang termasuk kedalam kriteria “sangat layak”. Oleh karena itu media pembelajaran papan susun cerita dapat disimpulkan memiliki kelayakan untuk membantu proses belajar peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202163 RATNA DWI PAWESTRI |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 06:14 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 06:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52023 |
Actions (login required)
View Item |