STRATEGI PEMASARAN USAHA ANGKRINGAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DITINJAU DARI HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Angkringan Jl. Ahmad Yani Kabupaten Nganjuk)

ANNAS FAJARRINA PENI PINASTI, 12101193160 (2023) STRATEGI PEMASARAN USAHA ANGKRINGAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DITINJAU DARI HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Angkringan Jl. Ahmad Yani Kabupaten Nganjuk). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Annas Fajarrina Peni Pinasti, 12101193160, Strategi Pemasaran Usaha Angkringan Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ditinjau Dari Hukum ekonomi Syariah (Studi Kasus Angkringan Jl. Ahmad Yani Kabupaten Nganjuk), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak, S.A.g., M.H.I. Kata Kunci: Strategi Pemasaran Usaha, Volume Penjualan, Hukum Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya persaingan yang semakin ketat dari usaha angkringan di wilayah Jl. Ahmad Yani Kabupaten Nganjuk, dalam mendorong kebutuhan konsumen dan positioning produk angkringan. Perubahan perilaku konsumen yang semakin modern dan sering memanfaatkan platform digital membutuhkan penyesuaian strategi pemasaran dan promosi serta saluran pemasaran yang relevan. Perluasan pangsa pasar melampaui lokasi saat ini juga mendorong penerapan strategi pemasaran untuk pengenalan merek yang lebih luas agar dikenal khalayak lebih banyak. Fokus penelitian tentang strategi pemasaran usaha angkringan ini adalah: 1) Bagaimana Strategi pemasaran usaha angkringan dalam meningkatkan volume penjualan di Jl. Ahmad Yani Kabupaten Nganjuk?. 2) Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap srategi pemasaran usaha angkringan dalam meningkatkan volume penjualan di Jl. Ahmad Yani Kabupaten Nganjuk?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran usaha angkringan dalam meningkatkan volume penjualan di Jl. Ahmad Yani Kabupaten Nganjuk. 2) Untuk menganalisis tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap srategi pemasaran usaha angkringan dalam meningkatkan volume penjualan di Jl. Ahmad Yani Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini termasuk jenis penelitian field research dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif serta melalui pendekatan data empiris. Sumber penelitian ini diambil dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran usaha angkringan dalam meningkatkan volume penjualan di Jl. Ahmad Yani dari tiga angkringan yaitu Authentic, Wara Wiri, dan Kopi'ah Ireng secara umum telah menerapkan strategi pemasaran melalui konsep bauran pemasaran 9P yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, Process, People, Physical Evidence, Payment, dan Packaging dengan cukup baik. Dalam strategi promosi online dengan jasa antar makanan menjadi faktor paling efektif dalam meningkatkan volume penjualan angkringan saat ini serta dapat meningkatkan daya tariknya, menjangkau lebih banyak pelanggan. 2) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap strategi pemasaran usaha angkringan dalam meningkatkan volume penjualan di Jl. Ahmad Yani secara umum telah sesuai prinsip kehalalan, keadilan, kesetaraan, kejujuran, transparansi, dan manfaat yang menjadi landasan bisnis syariah. Meski demikian, masih diperlukan perbaikan dalam hal konsistensi implementasi nilai-nilai syariah tersebut dalam setiap elemen operasional angkringan agar lebih optimal dan terus melakukan inovasi strategi pemasaran berbasis syariah, angkringan berpotensi sukses meraih pangsa pasar muslim yang lebih luas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193160 ANNAS FAJARRINA PENI PINASTI
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:34
Last Modified: 09 Sep 2024 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52061

Actions (login required)

View Item View Item