PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KENAMPAKAN BUATAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG

NIKEN RAHMAWATI, 126205203182 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KENAMPAKAN BUATAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Niken, Rahmawati. (2024). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran IPS Materi Kenampakan Alam Dan Kenampakan Buatan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media, Diorama Media pembelajaran adalah suatu alat yang dapat membantu guru menyampaikan materi pembelajaran, oleh karena itu media pembelajaran merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan perkembangan zaman, dunia Pendidikan terus berinovasi dengan mengembangkan media pembelajaran yang bervariasi. Hal itu dilakukan agar pendidikan yang ada di Indonesia tidak tertinggal dengan negara lainnya. Penelitian ini akan membahas pengembangan media diorama pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) analisis kebutuhan siswa kelas V di SDIT Al-Asror Ringinpitu, 2) perencanaan media yang dikembangkan, 3) pengembangan media diorama, 4) implementasi media diorama kenampakan alam dan kenampakan buatan, dan 5) evaluasi media diorama kenampakan alam dan kenampakan buatan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analysis (analisis), design (perencanaan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media diorama kenampakan alam dan kenampakan buatan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDIT Al-Asror Ringinpitu mendapatkan hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dengan kriteria layak digunakan. Hasil analisis data respon siswa menunjukkan bahwa media diorama layak digunakan dengan memperoleh rata-rata persentase sebesar 90,54%. Sedangkan hasil analisis data melalui hasil belajar menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media diorama, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 73,63% dan nilai rata-rata posttest sebesar 85,40%, yang berarti hasil penelitian tersebut termasuk ke dalam kategori yang baik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran diorama pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan kenampakan buatan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDIT Al-Asror Ringinpitu memiliki kualitas sangat baik dan layak untuk digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203182 NIKEN RAHMAWATI
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:22
Last Modified: 02 Sep 2024 08:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52103

Actions (login required)

View Item View Item