ELMA IMANDA PUTRI ADHA, 12204193233 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MTSN 2 KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (603kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (574kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (470kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Pemahaman Matematis dalam Memecahkan Masalah Relasi dan Fungsi Kelas VIII MTsN 2 Kediri” ini ditulis oleh Elma Imanda Putri Adha, NIM. 12204193233, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : Blended Learning, Pemahaman Matematis Blended Learning adalah gabungan antara pembelajaran langsung dan pembelajaran berbasis internet menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Model pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika pada siswa. Penulis tertarik untuk mengadakan penelitian eksperimen Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Pemahaman Matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII di MTsN 2 Kediri, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII di MTsN 2 Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII MTsN 2 Kediri sebanyak 394 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII K yang terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan Uji T-test. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Blended Learning terhadap pemahaman matematis dalam memecahkan masalah relasi dan fungsi kelas VIII MTsN 2 Kediri. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,002 < 0,05. (2) Adanya pengaruh dapat diketahui bahwa pemahaman matematis dengan menggunakan model pembelajaran blended learning lebih tinggi daripada menggunakan model konvensional. Hal ini diperkuat dengan perolehan hasil analisis Cohen’s Kappa yang dapat dilihat pada hasil effect size 0,91 dengan Percentile Standing 82% maka Interpretation adalah Large dapat disimpulkan bahwa berpengaruh besar model pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTsN 2 Kediri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Fasilitas Belajar Matematika Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193233 ELMA IMANDA PUTRI ADHA |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 01:12 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 01:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52195 |
Actions (login required)
View Item |