PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MTSN 2 KEDIRI

ELMA IMANDA PUTRI ADHA, 12204193233 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MTSN 2 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (603kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Pemahaman Matematis dalam Memecahkan Masalah Relasi dan Fungsi Kelas VIII MTsN 2 Kediri” ini ditulis oleh Elma Imanda Putri Adha, NIM. 12204193233, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : Blended Learning, Pemahaman Matematis Blended Learning adalah gabungan antara pembelajaran langsung dan pembelajaran berbasis internet menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Model pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika pada siswa. Penulis tertarik untuk mengadakan penelitian eksperimen Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Pemahaman Matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII di MTsN 2 Kediri, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII di MTsN 2 Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII MTsN 2 Kediri sebanyak 394 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII K yang terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan Uji T-test. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Blended Learning terhadap pemahaman matematis dalam memecahkan masalah relasi dan fungsi kelas VIII MTsN 2 Kediri. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,002 < 0,05. (2) Adanya pengaruh dapat diketahui bahwa pemahaman matematis dengan menggunakan model pembelajaran blended learning lebih tinggi daripada menggunakan model konvensional. Hal ini diperkuat dengan perolehan hasil analisis Cohen’s Kappa yang dapat dilihat pada hasil effect size 0,91 dengan Percentile Standing 82% maka Interpretation adalah Large dapat disimpulkan bahwa berpengaruh besar model pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTsN 2 Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Fasilitas Belajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193233 ELMA IMANDA PUTRI ADHA
Date Deposited: 08 Jan 2025 01:12
Last Modified: 08 Jan 2025 01:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52195

Actions (login required)

View Item View Item