PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

SITI ZULFA ISTIKOMAH, 2814133185 (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (478kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK. Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelektual (SAVI) terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Siti Zulfa Istikomah NIM. 2814133185, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Metode Pembelajaran SAVI, Kreativitas, dan Hasil Belajar. Rendahnya hasil belajar pada diri siswa yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dasar pada siswa sehingga dalam menyelesaikan permasalahan pada soal mengalami kesulitan. Selain itu, juga dikarenakan mayoritas guru matematika masih menggunakan metode mengajar yang berkisar pada metode ceramah. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode pembelajaran SAVI untuk membangkitkan pemahaman siswa melalui penggabungan gerak fisik dengan aktifitas intelektual yang menggambarkan kreativitas pada diri siswa. Sehingga dengan menggunakan metode pembelajaran SAVI selain untuk meningkatkan hasil belajar juga dapat meningkatkan kreativitas siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap kreativitas siswa kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling dengan sampel penelitian yaitu kelas VII-B dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian ini adalah. (1) ada pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap kreativitas, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0,024<0,05. (2) ada pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0,021<0,05. (3) ada pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap kreativitas dan hasil belajar, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan yang diperoleh pada Pillai’s Trasce, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roys Largest Root semua sebesar 0,042 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133185 SITI ZULFA ISTIKOMAH
Date Deposited: 15 Jun 2017 03:01
Last Modified: 15 Jun 2017 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5247

Actions (login required)

View Item View Item