PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MTsN 4 TULUNGAGUNG

AINUR ROFIQOH, 126204201059 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Ainur Rofiqoh, NIM 126204201059, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci: Model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK), Kemampuan Penalaran Matematis Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis disekolah serta kurangnya perhatian guru terhadap karakteristik siswa terutama gaya belajar siswa, sehingga dalam hal ini perlu adanya suatu model pembelajaran agar bisa menjadi pedoman perancang pembelajaran dan guru dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar. Dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini banyak media yang dapat digunakan untuk membantu proses bernalar dalam model pembelajaran, Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat digunakan untuk memanfaatkan teknologi adalah model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK). Model pembelajaran VAK merupakan proses belajar mengajar yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua indera yang dimiliki siswa, yaitu menggabungkan indera pendengaran, penglihatan, dan gerakan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII MTsN 4 Tulungagung, (2) untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII MTsN 4 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian True Eksperimen Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 4 Tulungagung. Sedangkan sampelnya menggunakan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas VII K sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa. Sumber data diperoleh dari hasil Posttest pada kedua kelas sampel. Adapun uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII MTsN 4 Tulungagung yang ditunjukkan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t_hitung > t_tabel yaitu 2,013>1,688, yang berarti H_1 diterima dan H_0 ditolak. (2) Besar pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII MTsN 4 Tulungagung adalah sebesar 0,0519 atau 5,2% yang berdasarkan kriteria dari Gravetter dan Wallnau tergolong kedalam kategori efek kecil. Hal ini menujukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201059 AINUR ROFIQOH
Date Deposited: 04 Sep 2024 16:46
Last Modified: 04 Sep 2024 16:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52636

Actions (login required)

View Item View Item