EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 KAUMAN

ELLEN ANESTI, 126306202070 (2024) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 KAUMAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER..pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI..pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa Di SMP Negeri 1 Kauman” ditulis oleh Ellen Anesti dengan NIM. 126306202070. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Muhammad Sholihuddin Zuhdi, S. Sos. I., M. Pd. Abstrak : Kepercayaan diri merupakan suatu sikap penerimaan diri yang positif dengan penuh keyakinan terhadap kemampuan dalam dirinya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri dan efektivitas teknik sosiodrama dalam meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas VII J SMP 1 Kauman Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental design dan dengan tipe nonequivalent control group design. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan subjek sebanyak 12 siswa dan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 6 kelompok eksperimen dan 6 kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas VII B dan J yang memiliki kategori kepercayaan diri sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test, adapun hasil yang diperoleh yaitu nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya rata-rata kelas eksperimen tidak sama dengan rata-rata kelas kontrol, adapun hasil analisis kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 95,83 sedangkan pada kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,00, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kepercayaan diri antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Adapun hasil perhitungan menggunakan uji N-Gain Score untuk kelompok eksperimen memiliki skor rata-rata 0,824 > 0,7 termasuk dalam kategori skor tinggi. Sedangkan rata-rata N-Gain Score untuk kelompok kontrol adalah sebesar -5,38 < 0,7 termasuk dalam kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan tekni k sosiodrama efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Kepercayaan Diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306202070 ELLEN ANESTI
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:37
Last Modified: 05 Sep 2024 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52785

Actions (login required)

View Item View Item