PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD BERBASIS QR CODE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI PLUS AL ISTIGHOSAH DAN SDI AL-MUNAWAR TULUNGAGUNG

NIDA YUSRONIYAH, 12850521021 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD BERBASIS QR CODE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI PLUS AL ISTIGHOSAH DAN SDI AL-MUNAWAR TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Media Pembelajaran Flashcard berbasis Qr Code dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI Plus Al Istighotsah dan SDI Al Munawar Tulungagung” ditulis oleh Nida Yusroniyah NIM. 12850521021 dengan Promotor Prof. Dr. H. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd dan Dr. Eny Setyowati, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flashcard berbasis Qr Code, Hasil Belajar, IPA Proses pembelajaran dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih seharusnya dimanfaatkan sebagai sarana yang penting untuk mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien. Namun hal tersebut menjadi sebuah kendala pagi para guru untuk mengembangkannya. Dalam hal ini peran media pembelajaran dalam proses pembelajaran sangatlah penting, karena media merupakan alat bantu untuk menyalurkan materi dari pendidik kepada peserta didik. Pada pembelajaran IPA sebgian materinya tidak memungkinkan untuk menghadirkan media secara konkrit, maka dari itu diperlukannya teknologi untuk menghadirkan media IPA. Berdasarkan hal tersebut, kemudian memunculkan ide bagi peneliti tentang media yang bersifat semi digital yaitu mengembangkan media pembelajaran falshcard berbasis Qr Code. Tujuan dari penelitian ini, sebagai berikut: 1) Menjelaskan desain media flashcard berbasis qr code pada materi IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Plus Al-Istighotsah dan SDI Al-Munawar, 2) Menjelaskan implementasi media flashcard berbasis qr code pada materi IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Plus Al-Istighotsah dan SDI Al-Munawar.3) Mengetahui kefektifan pengembangan media pembelajaran flashcard berbasis qr code pada materi IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Plus Al-Istighotsah dan SDI Al-Munawar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE, adapun langkah- langkahnya sebagai berikut; 1) Analisys, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Hasil Penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1) hasil penilaian ahli materi memperoleh presentase 92% dengan kriteria “sangat valid”, 2) hasil penilaian dari ahli media memperoleh presentase rata- rata 76,66% dengan kriteria “valid”, 3) hasil angket peeserta didik pada uji coba memperoleh presentase 94,5% dengan kriteria “ sangat valid”, 4) hasil dari analisis Uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uraian diatas, produk yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12850521021 NIDA YUSRONIYAH
Date Deposited: 10 Sep 2024 09:03
Last Modified: 10 Sep 2024 09:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52895

Actions (login required)

View Item View Item